Bombastikkabausirah.com – Jumat (09/07/2021)

Fenomena unik terjadi di Liga 2 Indonesia 2021 musim ini. Bagaimana tidak, meski gelaran kompetisi masih mengalami penundaan berkali-kali dan belum adanya kepastian, klub-klub Liga 2 Indonesia 2021 tetap jor-joran dibursa transfer.

Persis Solo, RANS Cilegon FC, Dewa United dan AHHA PS Pati FC merupakan tim yang paling aktif dalam perburuan pemain. Bermacam harga dan nilai pasar tentunya kita temukan terhadap tarif para pemain.

Di Indonesia sendiri pemain paling mahal non naturalisasi adalah Evan Dimas Darmono. Pemain Bhayangkara Solo FC itu memiliki nilai sekitar Rp 5,65 miliar.

Sementara, pemain naturalisasi Indonesia yang memiliki nilai mahal ditempati oleh pemain anyar Persib Bandung yang baru pindah dari Persija Jakarta, yaitu Marc Klok. Pemain kelahiran Belanda ini memiliki nilai pasar RP 8,26 miliar.

Kami dari tim bombastikkabausirah.com mencoba menyusun daftar 10 besar pemain termahal Liga 2 Indonesia 2021 berdasarkan transfermarkt.com. Siapa saja 10 pemain termahal di Liga 2 musim 2021?

Dari 10 pemain Liga 2 Indonesia 2021 yang memiliki nilai pasar yang sangat tinggi menurut transfermarkt, didominasi oleh Persis Solo. Terdapat lima nama pemain klub yang sahamnya baru saja dibeli Kaesang Pangarep yang merupakan anak bungsu Presiden Joko Widodo tersebut.

Posisi kesepuluh pemain termahal, ada pemain eks Persija Jakarta yang musim ini bergabung dengan tim Persis Solo, Sandi Darma Sute. Pemain 28 tahun yang berposisi sebagai gelandang ini memiliki nilai pasar Rp 3,04 miliar.

Beralih ke pulau Sumatera, tepatnya tim Semen Padang, ada nama Vendry Mofu di posisi kesembilan pemain termahal. Gelandang Serang berusia 31 tahun ini memiliki nilai pasar yang sama dengan Sandi Sute yaitu Rp 3,04 miliar.

Posisi kedelapan masih di pulau Sumatera, tepatnya dari Palembang yaitu Sriwijaya FC yang memiliki Dedi Hartono. Gelandang 33 tahun ini memiliki nilai pasar Rp 3,04 miliar.

Selanjutnya, posisi ketujuh balik lagi ke Persis Solo, Delvin Rumbino yang memiliki nilai pasar Rp 3,04 miliar di usianya yang masuk 26 tahun termasuk pemain termahal. Semenjak gabung tim Laskar Sambernyawa, Delvin mengalami peningkatan harga pasar.

Pemain termahal yang keenam adalah Anis Nabar yang membela PSMS Medan. Anis yang berusia 29 tahun ini berposisi sebagai sayap kanan dengan nilai pasar Rp 3,04 miliar.

Posisi kelima adalah kapten dari Persis Solo yaitu Eky Taufik yang memiliki posisi sebagai bek kanan. Mantan pemain Persela Lamongan berusia 30 tahun tersebut memiliki nilai pasar Rp 3,04 miliar.

Lanjut di posisi keempat dalam jajaran pemain termahal Liga 2 Indonesia 2021 adalah Rivky Mokodompit dari Dewa United. Pemain yang sempat bersinar di Sriwijaya FC dan PSM Makassar ini memiliki nilai pasar Rp 3,04 miliar.

Ya, di tranfermarkt.com dari posisi ke-empat hingga ke-sepuluh memiliki nilai pasar yang sama, yakni Rp 3,04 miliar.

Posisi ketiga adalah eks Persib Bandung yang kini bermain untuk PSMS Medan, Ghozali Siregar. Pemain sayap yang super lincah ini awalnya adalah pemain paling mahal di Liga 2 Indonesia 2021.

Namun, kini Ghozali harus bertengger di posisi ketiga dengan nilai pasar Rp 3,48 miliar. Harganya tak mengalami penurunan, hanya saja ada kedatangan dua pemain yang membuatnya tergeser.

Posisi kedua adalah Alfath Fathier eks dari Persija Jakarta yang telah resmi bergabung dengan Persis Solo musim 2021. Pemain yang berposisi sebagai bek kiri ini memiliki nilai pasar Rp 3,91 miliar.

Menariknya, Alfath adalah salah satu lulusan dari akademi Persib Bandung yang notabene adalah rival. Namun, ia bergabung dengan Persija Jakarta dan kini harus tersisihkan dan harus rela turun kasta ke Liga 2 Indonesia 2021.

Posisi pertama adalah Abduh Lestaluhu yang posisinya sama sebagai bek kiri. Pemain yang pernah membela TIRA Persikabo ini jadi pemain yang paling mahal di Liga 2 Indonesia 2021 sementara ini.

Abduh yang berusia 27 tahun memiliki nilai pasar Rp 4,35 miliar hanya terpaut 1 miliar lebih dari Evan Dimas. Dengan harga fantastis ini Abduh mestinya mendapatkan tempat utama di Persis Solo.

Meskipun dirinya yang paling mahal, namun Alfath Fathier yang merupakan pemain termahal kedua memiliki posisi sama dengannya. Alfath juga bisa saja jadi batu sandungan bagi Abduh untuk berprestasi bersama Persis Solo.

Itulah 10 pemain termahal Liga 2 Indonesia 2021 versi transfermarkt yang kami rangkum dan kami sadur dari galuh.id. Dalam jajaran ini terkuak fakta menarik, yakni tidak ada sosok striker tengah yang masuk dalam jajaran pemain termahal.

○○○○

Tim bombastikkabausirah.com

Pict : 📷 @semenpadangfcid