6 Faktor Kunci Keberhasilan Semen Padang FC Merebut Satu Poin Di Sleman

Bombastikkabausirah.com – Semen Padang FC tim kebanggaan Ranah Minang baru saja menuntaskan dua laga away nya dalam mengarungi Shopee Liga 1 Indonesia 2019.

Dua laga away yang tergolong berat untuk Kabau Sirah karena tim ini baru terbentuk. Sementara lawan dilaga perdana adalah melawan PSM Makassar runner-up musim lalu dan semifinalis AFC Cup 2019 zona Asean. Dan benar saja Semen Padang FC gagal mencuri poin karena mengalami kekalahan tipis 0-1 lewat gol Zulham Zamrun.

Dilaga away kedua, Semen Padang harus melawat ke PSS Sleman tim yang tidak mampu dikalahkan dalam 7 pertemuan terakhir. Ditambah lagi yang teranyar, PSS Sleman adalah jawara Liga 2 musim lalu setelah mengalahkan Semen Padang FC 0-2 dilaga final.

Namun dilaga away kedua ini tim berjuluk Kabau Sirah mampu mencuri poin setelah bermain imbang 1-1, sebenarnya bisa saja tiga poin andaikata wasit tak memberikan penalti nan kontroversi kepada tuan rumah.

Berikut enam faktor yang memepengaruhi Semen Padang FC berhasil mengambil satu poin di Sleman.

1. Strategi Pelatih Syafrianto Rusli

Strategi bertahan Syafrianto Rusli berjalan dengan baik dilaga ini. Para pemain tampak disiplin menjaga area masing-masing. Ditambah transisi dari bertahan ke menyerang berjalan cukup rapi, hingga kerab membahayakan gawang PSS Sleman.

“Saya memang memainkan strategi defensif dan memanfaatkan serangan balik. Secara taktikal sangat efektif. Ada beberapa peluang dibabak pertama yang seharusnya terjadi gol,” ujar pelatih berusia 57 tahun tersebut.

2. Pemain Belakang Sangat Disiplin

Hampir tak ada kesalahan-kesalahan fatal yang dilakukan tiga bek Semen Padang FC yang kali ini tampil lugas dan disiplin. Trio Shukurali Pulatov, Agung Prasetyo dan Dedi Gusmawan mampu tampil tenang membuat penyerang-penyerang PSS Sleman kesulitan memasuki area penalti Semen Padang FC.

3. Kecemerlangan Teja Paku Alam

Penjaga gawang yang tahun lalu bermain di Sriwijaya FC ini, tampil sangat gemilang. Tak kurang ia berhasil melakukan 7 save sepanjang laga. Kecemerlangannya menjaga mistar gawang Semen Padang FC membuat para bek lebih tenang meredam serangan-serangan bertubi-tubi dari PSS Sleman.

Tak hanya itu, kegemilangan Teja Paku Alam ini mampu membuat para pemain PSS Sleman frustasi. Berkali-kali shoot on goal para pemain PSS Sleman mampu ditepis penjaga gawang yang baru saja mendapat paggilan Timnas ini.

Selain penempatan posisi, tangkapan-tangkapan Teja cukup lengket dipertandingan kali ini. Kami rasa tak ada yang keberatan jika gelar Man Of The Match dilaga Semen Padang FC melawan PSS Sleman ini disematkan kepadanya.

4. Gol Rosad Setiawan

Gol dari skema serangan balik ini mampu dilesakkan Rosad Setiwan ditengah ke-frustasi-an pemain-pemain PSS Sleman untuk membobol gawang Semen Padang FC yang dikawal Teja Paku Alam.

Pergerakan Rosad tidak terlalu menjadi perhatian pemain PSS Sleman yang lebih terfokus kepergerakan dua sayap cepat Semen Padang FC, Irsyad Maulana dan Dedi Hartono.

5. Gelandang Perusak, Kristof Yoku

Fridolin Kristof Yoku kembali menjadi perusak “mesin” lawan. Sebelumnya mampu meredam pergerakan Wiljan Pluim yang menjadi motor permainan PSM Makassar, kali ini kembali ia berhasil mematikan pergerakan Brian Ferreira otak dari permainan PSS Sleman.

6. Pergerakan Naik Turun Boas Atururi Dan M. Rifqi

Dalam formasi 3-4-3, pemain yang paling banyak bergerak adalah pemain flank kanan dan kiri. Sebab ketika bertahan formasi harus berubah ke 3-2-5 atau 1-4-5 sehingga membutuhkan flank kanan dan kiri ini untuk turun membantu pertahanan tiga bek menjadi lima bek.

Dan sebaliknya ketika menyerang atau serangan balik, dua flank ini harus bergerak naik keatas sehingga mengubah formasi menjadi 5-2-3. Mereka menjadi amunisi tambahan untuk membantu penyerangan.

Selain membutuhkan kecepatan, posisi ini juga membutuhkan stamina yang prima. Dan tugas ini mampu diperankan M. Rifqi dan Boas Atururi. Dan hampir sepanjang laga tak ada umpan krosing dari sayap-sayap Super Elja, PSS Sleman, karena permainan sayap PSS Sleman mampu mereka redam.

Pict : ? @semenpadangfcid

2 thoughts on “6 Faktor Kunci Keberhasilan Semen Padang FC Merebut Satu Poin Di Sleman

    1. Klo alah dipotong rumpuik e aman mah sanak… tp klo ndak dipotong yo labiah dari 2,7 cm panjang e…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *