AFC Pertanyakan Dan Pelajari Liga 1 Indonesia 2020 Tanpa Degradasi

Banyak aturan yang baru yang tidak sesuai regulasi

Bombastikkabausirah.com – (Selasa, 30/06/2020)

Konfederasi sepakbola Asia (AFC) akan mempelajari beberapa perubahan sistem kompetisi 2020 yang diajukan PSSI agar liga domestik tetap berjalan di tengah pandemi virus Corona.

Hal itu diungkapkan pelaksana tugas (Plt) Sekjen PSSI Yunus Nusi setelah melakukan rapat virtual bersama AFC dan negara Asia lainnya dalam dua hari terakhir. Rapat tersebut dipimpin sekjen AFC Dato Windsor John.

PSSI sebelumnya memutuskan melanjutkan kompetisi pada September atau Oktober. PSSI juga meniadakan degradasi pada Liga 1 2020 akibat pandemi virus Corona, mengingat ada wacana melanjutkan kompetisi yang disentralkan di Pulau Jawa.

Pada saat rapat virtual tersebut, PSSI menyampaikan hal yang sama dengan federasi lain. Saat ini PSSI sangat terdampak dengan situasi pandemi COVID-19,” ujar Yunus dilansir laman PSSI.

Kami juga berkirim surat kepada AFC tentang skenario kompetisi lanjutan yang dilaksanakan oleh PSSI, terkait promosi-degradasi, kemudian dengan sistem kompetisinya. Semua kami telah sampaikan, dan nantinya setiap departemen-departemen terkait yang ada di AFC akan mempelajarinya,” lanjutnya.

“AFC juga berpesan lakukan yang terbaik untuk sepak bola di setiap federasi. Terus lakukan koordinasi dengan FIFA atau AFC terkait aturan atau regulasi kompetisi, kami optimis AFC memberikan kelonggaran untuk itu,” ujarnya seraya berharap.

Yunus menambahkan, AFC memberikan apresiasi kepada anggotanya yang berencana melanjutkan kompetisi setelah selama beberapa bulan terhenti akibat pandemi. Menurut Yunus, FIFA dan AFC tetap mengingatkan anggotanya untuk mengikuti protokol kesehatan yang dikeluarkan masing-masing negara.

“Banyak hal yang disampaikan dalam rapat tersebut, seperti kompetisi, finansial, organisasi, hubungan klub dengan federasi, dan hubungan pemain dengan klub disampaikan di sana,” kata Yunus.

“AFC meminta kami untuk selalu patuh terhadap protokol kesehatan yang ada dari masing-masing negara. Serta diminta untuk selalu berkoordinasi terus menerus dengan AFC, lalu federasi dengan klub, klub dengan pemain agar terjadi hubungan yang baik, dan tidak terjadi hal-hal yang menyangkut masalah hukum di kemudian hari,” pungkasnya.

Hingga saat ini PSSI belum memastikan tanggal lanjutan kompetisi. Namun kabar beredar menyebutkan ada dua opsi memulai Liga 1 Indonesia 2020, yakni pada 18 September atau 1 Oktober.

○○○○

Sumber : goal.com

Pict : ? google.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *