Bombastikkabausirah.com – Rabu (26/05/2021)

Kompetisi Liga 1 Indonesia 2021 akan segera bergulir dibulan Juli ini jika tak ada hambatan berarti. Disusul dua minggu kemudian kompetisi kasta kedua yaitu Liga 2 Indonesia 2021.

Sejumlah klub-klub Liga 2 Indonesia 2021 yang tengah melakulan persiapan menemui beberapa kendala untuk menggelar pramusim atau sekedar laga ujicoba yang bertujuan untuk mengukur kemampuan tim.

Berbeda dengan para kontestan Liga 1 Indonesia 2021, wadah untuk mereka menguji tim baru saja usai digelar oleh PSSI melalu PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) dalam tajuk Piala Menpora 2021 dimana Persija Jakarta keluar sebagai pemenang.

Sementara itu turnamen pramusim untuk kontestan Liga 2 Indonesia 2021 urung terlaksana atau tidak jadi berlangsung. Hal ini disebabkan waktu yang mepet. Demikian alasan PSSI. Dan federasi akan langsung meminta menerbitkan izin penyelenggaraan kompetisi untuk Liga 1 dan Liga 2.

Atas dasar inilah muncul wacana dari beberapa inisiator dari kontestan Liga 2 untuk menggelar laga pramusim, mulai dari turnamen Nine Sport, Piala Walikota Solo dan yang terbaru adalah tunamen yang sedang digagas atau diinisiasi oleh Semen Padang FC berdasarkan pernyataan sang manager, Effendi Syahputra.

“Saya sedang membangun komunikasi dengan beberapa teman-teman klub Liga 2 dan Liga 1 untuk membuat turnamen pramusim menghadapi Liga 2 musom ini ,” ujar Effendi Syahputra seperti yang kami lansir dari Instagram resmi klub, @semenpadangfcid.

“Insha Allah, respon dari teman-teman cukup bagus. Mengingat semua tim butuh persiapan, mudah-mudahan bisa segera terealisasi,” sambung Effendi yang juga merangkap sebagai Direktur Operasional tim.

Putra sulung Presiden Indonesia, Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka juga mewacanakan untuk menggelar turnamen pramusim, Piala Walikota Solo yang akan diikuti tak kurang dari 20 peserta. 10 dari Liga 1 dan 10 lagi dari Liga 2.

“Kita buat semua, dari Liga 1 dan Liga 2. Rencana digelar sebelum pertandingan Liga 1 dan Liga 2, jadi pertandingan praliga saja. Jadi (semua pertandingan) digelar di Solo. Piala saya kok,” ujar Gibran seperti yang kami kutip dari Instagram @galeri_sepakbolakita.

“Tidak cukup sepekan atau dua pekan, kami akan pastikan lagi, semua bisa dimulai. Dan dipastikan juga dimulai sebelum kompetisi resmi digelar. Sehingga tidak berbenturan dengan jadwal Liga 1 dan Liga 2,” lanjut Walikota Solo tersebut.

Kemudian Nine Sport Inc juga ingin menggelar turnamen pramusim sebelum Liga 1 dan Liga 2 musim 2021/2022 bergulir. Setidaknya Nine Sport mengajak beberapa tim dari Liga 1 dan Liga 2. Tak sampai di situ bahkan turnamen ini juga mengundang klub dari luar negeri. Seperti Sabah FA dari Malaysia dan Adelaide dari Australia.

Namun belum juga bergulir, turnamen ini mendapat respon negatif dari berbagai pihak, terutama turnamen yang gagas oleh Nine Sport. Hal ini dikarenakan salah satunya dari PSSI yang merasa tidak ada komunikasi terkait turnamen ini.

PSSI melalui Yunus Nusi menilai Nine Sport Inc sejatinya harus melakukan komunikasi dengan PSSI bila ingin menggelar turnamen pramusim. Bagi Yunus tidak bisa Nine Sport berjalan sendiri tanpa melakukan komunikasi dengan organisasi induk sepakbola Indonesia tersebut.

“Kalau memang akan ada turnamen pramusim, setidaknya mesti berkomunikasi dahulu dengan PSSI,” ucap Yunus Nusi yang merupakan Plt Sekjen PSSI.

Bukan tanpa alasan bagi Yunus untuk pihak Nine Sport melakukan pertemuan terlebih dahulu dengan PSSI. Sebab PSSI akan mempertimbangkan memberikan rekomendasi atau tidak terkait turnamen tersebut.

“Perlu pertemuan intens dan pertimbangan khusus sebelum PSSI memberikan rekomendasi turnamen pramusim yang melibatkan tim-tim Liga 1 dan 2. Itu seperti yang PSSI lakukan dengan Kemenpora dan pihak lain untuk mewujudkan Piala Menpora 2021,” jelas Yunus.

Oleh karena berbagai macam kesulitan tersebut diantaranya masalah rekomendasi dan masalah izin, banyak pihak meragukan turnamen pramusim yang digagas diluar PSSI akan susah untuk terealisasi. Makanya muncul pertanyaan turnamen pramusim (Semen Padang FC, Walikota Solo dan Nine Sport) serius atau cuma sekedar wacana?

○○○○

Tim bombastikkabausirah.com

Pict : 📷 google.com