Bombastikkabausirah.com – Selasa (01/06/2021)

Akhirnya Sriwijaya FC mengumumkan pemain naturalisasi buruanya. Dia tak lain adalah Abanda Herman. Hal tersebut diungkapkan Presiden Klub Sriwijaya FC Hendri Zainuddin, seperti yang kami kutip dari viralsumsel.com.

Menurut HZ, sapaan akrab Hendri Zainuddin, sejauh ini proses perekrutan Abanda Herman masih sebatas negoisasi. Abanda Herman merupakan pemain rekomendasi dari pelatih kepala Sriwijaya FC, Nil Maizar.

“Kan sudah saya bilang, sesudah Kongres PSSI nanti kita komunikasi dengan coach Nil Maizar kita lagi negosiasi dengan Abanda Herman . Semoga saja deal, itu rekomendasi coach Nil Maizar,” kata pria yang juga Wakil Rektor Universitas Bina Darma Palembang ini.

Hanya memberi tahu seperti dilansir Wikipedia, Abanda Herman merupakan pemain berposisi sebagai bek tengah. Abanda Herman lahir di Yaounde, Kamerun, 20 Februari 1984 (37 tahun) adalah pemain asal Kamerun.

Abanda Herman memiliki tinggi 192 cm. Abanda Herman memang salah satu pilar sentral yang tak tergantikan di jantung pertahanan di Persib Bandung kala itu. Kemudian Abanda Herman bergabung ke Persija pada Desember 2005, ia menjadi salah satu pemain yang loyal berbaju tim berjuluk Macan Kemayoran tersebut.

Meskipun sempat bermasalah pada saat proses transfernya dari PSM Makassar ke Persija, namun akhirnya semua masalah itu pun bisa diatasi dengan bantuan mediasi dari BLI dan PSSI.

Abanda Herman merupakan salah satu bek yang kokoh dan sangat diandalkan bagi Persija pada Liga Super Indonesia, dengan duet bersama Baihakki Khaizan pemain asal Singapura maupun dengan pemain lokal seperti Leonard Tupamahu.

Ia juga salah satu bek yang bisa diandalkan dalam mencetak gol lewat sundulan kepalanya dan sering membuahkan gol lewat bola mati seperti tendangan bebas maupun sepak pojok.

Pada musim 2010-2011 ia bergabung dengan Persema Malang, namun hanya setengah musim saja. Setelah itu ia memutuskan untuk kembali melanjutkan karier bersama Persib Bandung. Dan di Liga Super Indonesia musim 2012-2013, ia merupakan pemain asing satu-satunya yang dipertahankan oleh manajemen Persib Bandung.

Pada 18 April 2013, Abanda telah sah menjadi seorang pemeluk agama islam (mualaf) setelah membaca dua kalimat syahadat di Masjid Nurul Iman, Babakansari, Kiaracondong, Bandung dan namanya berubah menjadi Ahmad Abanda Herman dan menjadi warga negara Indonesia.

○○○○

Sumber : viralsumsel.com

Pict : 📷 google.com