Bombastikkabausirah.com – (Jumat, 12/03/2021)

Mewakili Indonesia Police Watch (IPW), Neta S Pane menjadi sosok yang secara tegas bertentangan dengan penyelenggaraan Piala Menpora 2021. Ia menilai pemerintah terlalu tergesa-gesa menggelar Piala Menpora 2021 di tengah pandemi COVID-19.

Ia bahkan mendorong kepada Presiden Jokowi untuk menegur Kapolri, Listyo Sigit Prabowo, yang mengeluarkan izin untuk Piala Menpora.

“Kami mendesak Presiden Jokowi segera menegur Kapolri yang memberikan izin Piala Menpora,” kata Neta.

Menurutnya, izin Piala Menpora tidak sesuai dengan kebijakan Presiden Jokowi yang berusaha menekan angka COVID-19 di Indonesia lewat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Kalau Kapolri benar-benar memberikan izin terhadap penyelenggaraaan Piala Menpora, maka itu merupakan pembangkangan secara nyata terhadap Presiden Jokowi yang nyata-nyata berpedoman bahwa keselamatan rakyat merupakan hukum tertinggi,” ucapnya menambahkan.

Dikhawatirkan nantinya ada klaster baru COVID-19 dari keberlangsungan Piala Menpora 2021. Lewat unggahan di akun Instagram pribadinya, Neta menyebutkan sembilan alasan mengapa Piala Menpora layak dibatalkan.

Tidak ragu ia menyebut Piala Menpora hanyalah turnamen ecek-ecek yang tidak berdampak bagi prestasi nasional.

“Dari sembilan alasan ini IPW memastikan Piala Menpora adalah turnamen kelas ecek ecek,” tulis Neta S Pane.

“Sama sekali tidak berdampak pada prestasi sepak bola nasional, yang ada justru berpotensi menimbulkan kerumunan masa dan menjadi klaster,” tulisnya di pengujung postingan.

Sontak unggahan tersebut mendapatkan komentar dan kritikan dari stakeholder sepak bola Tanah Air, khususnya pemain dan suporter. Hingga kini lebih deari 26 ribu komentar memadati unggahan Neta S Pane di Instagramnya @habibneta yang terbit Rabu (10/3) siang WIB.

Bahkan beberapa pemain mulai beberapa unggahan Neta S Pane di Instagram yang kedapatan tidak mengenakan masker ketika di tempat umum.

“Kemana aja harus pakai masker pak, semoga bapak selalu sehat terus, waspada penularan covid semakin banyak pak,” tulis bek Bali United, Gunawan Dwi Cahyo.

Namun, cuitan Neta S Pane tak berimbas pada penyelenggaraan Piala Menpora 2021. Turnamen pramusim ini tetap akan berlangsung pada 21 Maret hingga 25 April 2021. Empat wilayah menjadi venue yakni Solo, Sleman, Bandung, dan Malang.

17 klub Liga 1 telah menyatakan kesepakatan untuk ikut serta di Piala Menpora 2021. Sementara itu, Persipura Jayapura telah menyatakan mundur dari Piala Menpora karena tidak setuju dengan cara komunikasi PT LIB.

Piala Menpora menjadi bahwa evaluasi pemerintah dan pihak kepolisian untuk memberikan izin Liga 1 Indonesia 2021. Menurut rencana, Liga 1 akan berlangsung pada setelah Lebaran (hari raya Idul Fitri), sekitar Mei atau Juni.

Seperti diketahui, kompetisi sepak bola di Tanah Air telah diberhentikan sejak pertengahan Maret 2020 karena pandemi COVID-19. Pertandingan antara Timnas Indonesia U-23 melawan Tira-Persikabo 3 Maret lalu menjadi ajang pertama yang tayang di televisi.

Berikut pembagian grup Piala Menpora 2021:

Grup A (Solo): Arema FC, PSIS Semarang, Barito Putera, PS Tira-Persikabo
Grup B (Malang): Persija Jakarta, Bhayangkara Solo FC, Borneo FC, PSM Makassar
Grup C (Bandung): Persebaya Surabaya, Persik Kediri, Persela Lamongan, PSS Sleman, Madura United
Grup D (Sleman): Persib Bandung, Persiraja Banda Aceh, Persita Tangerang, Bali United

○○○○

Sumber : bolanas.com

Pict : 📷 @habibneta