Antonio Toyo Claudio Dan Claudio Luzardi Adalah Pemain Brazil Pertama Di Liga Indonesia

Bombastikkabausirah.com – Pemain Brazil pertama di Indonesia adalah Jairo Matos yang bermain untuk Pardedetex pada tahun 1983. Namun demikian saat Jairo Matos datang pertama kali, kompetisi Indonesia belum bertajuk Liga Indonesia tapi masih bernama Galatama. Lantas siapakah pemain Brazil pertama Brazil di era Liga Indonesia?

Antonio Claudio (Toyo) dan Claudio Luzardi adalah pemain Brazil yang ada di kloter pertama pemain Brazil di Indonesia. Keduanya datang ke Indonesia atas permintaan PSSI melalui agen mereka.

Meski begitu, dibalik kedatangan ke Indonesia menyimpan kisah unik dan sedih yakni penipuan agen.

“Saya datang ke Indonesia pada tahun 1994,. Saya datang bersama Luzardi dari Swiss, karena agen kami dari sana. Awalnya dia bilang mau ke Malaysia tapi ditengah jalan justru dia malah menawarkan Indonesia. Karena agen itu bilang bursa transfer Malaysia sudah tutup,” ujar Toyo.

Sesampainya di Jakarta, Indonesia Toyo dan Luzardi ditamopung di Hotel Indonesia bersama pemain asing lainnya.

Toyo dan Luzardi pun akhirnya direkrut Semen Padang FC setelah sebelumnya diminati Petrokimia Putra

“Sesampainya saya di Indonesia saya tinggal bersama pemain asing lainnya. Selama sebulan di Hotel Indonesia. Setiap hari kami berlatih sambil menuggu klub yang berminat kepada kami. Saya dan Luzardi akhirnya direkrut Semen Padang FC setelah main dalam laga ujicoba antara tim Pemain Asing melawan Pelita Jaya,” ujar Toyo

Dengan direkrutnya Toyo dan Luzardi, keduanya menjadi pemain Brazil pertama yang merumput di Liga Indonesia.

Barulah menyusul kemudian Jacksen F Tiago, Carlos De Mello, Gomes De Oliviera dan Julio Da Costa. Jacksen dan De Mello bergabung dengan Petrokimia Putra, sedangkan Gomes dan Julio direkrut Mitra Surabaya.

Sumber : bolasport.com

2 thoughts on “Antonio Toyo Claudio Dan Claudio Luzardi Adalah Pemain Brazil Pertama Di Liga Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *