Antonio Toyo Claudio Dan David Ngan Pagbe Duo Tonggak Tuo Semen Padang FC

Bombastikkabausirah.com – Berbicara tentang lini pertahanan Semen Padang FC dari masa ke masa, telah banyak melahirkan legenda, baik asing maupun lokal.

Jika bicara pemain asing tentu masih ingat dibenak kita Antonio Claudio dan David Ngan Pagbe. Karena mereka begitu populer di zamannya mengawal lini belakang tim yang berjuluk Kabau Siarh itu.

1. Antonio Toyo Claudio

Pemain asal Brazil kelahiran 16 April 1973 adalah pemain asing pertama yang dikontrak Semen Padang FC bersama Claudio Luzardi. Bahkan Toyo merupakan pemain Brazil pertama yang bermain di Liga Indonesia.

Bermain empat musim di periode awal besama Semen Padang FC, Toyo telah membuat Semen Padang FC disegani dan ditakuti oleh lawan.

Prestasi tertingginya di periode ini adalah berhasil membawa Semen Padang FC finish di peringkat 3 Wilayah Barat. Otomatis membuat Semen Padang FC lolos ke babak 10 Besar, namun sayang langkah Semen Padang FC terhenti di babak 10 besar ini.

Setelah melanglang buana akhirnya ditahun 2004 ia kembali ke Semen Padang FC dan bermain selama semusim, Semen Padang FC hanya finish di peringakat 15.

Semen Padang FC tim kebanggaan Ranah Minang sempat terdegradasi ditahun 2008, setelah hanya mampu finsh di peringkat 16.

Tahun 2009-2010 ia kembali ke Semen Padang FC walau banyak tawaran yang datang kepadanya dari kasta yang lebih tinggi baik dari dalam maupun luar negeri.

Tawaran tersebut ia tolak karena ia bertekad membawa tim kebanggaan Ranah Minang ini promosi ke kasta tertinggi Liga Indonesia (ISL kala itu), dan benar saja ia berhasil membawa tim berjuluk Kabau Sirah eksis lagi di Liga Super Indonesia kasta tertinggi persepakbolaan tanah air.

1995-1999

2004-2005

2009-2010

2. David Ngan Pagbe

Bergabung dengan Semen Padang FC dengan status tim promosi, David Pagbe adalah penerus estafet dari Antonio Claudio. Pemain kelahiran di Younde, Kamerun 18 0ktober 1978 ini menjelma menjadi palang pintu yang handal bagi tim Urang Awak tersebut.

Walau berstatus tim promosi ke ISL, Semen Padang FC berhasil finish di posisi 4. Sebuah pencapaian luar biasa bagi sebuah tim promosi.

Puncaknya adalah ketika Ia bersama Edward Wilson dan Esteban Viscara dan lain-lain berhasil membawa Semen Padang FC menjadi juara LPI Liga Prima Indonesia ditahun 2012 (Liga resmi Indonesia yang di akui PSSI, AFC dan FIFA), sebagai ganjarannya Semen Padang FC tampil di AFC Cup.

Di AFC Cup langkah gemilang Pagbe CS masih terus berlanjut, bahkan Semen Padang FC mencapai babak perempat final sebelum dikandaskan East Bengal klub asal India. Babak perempat final adalah capaian terjauh tim-tim asal Indinesia di AFC Cup tersebut.

Di era Pagbe inilah SemenPadang FC mencapai capain tertinggi, tim Kebaggaan Urang Awak ini berhasil mencapai capian tertinggi baik ditingkat nasional maupun ditingkat Asia.

2010-2014

2 thoughts on “Antonio Toyo Claudio Dan David Ngan Pagbe Duo Tonggak Tuo Semen Padang FC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *