Bombastikkabausirah.com – (Kamis, 15/04/2021)

Tak ada pemenang dalam pertandingan pertama semifinal Piala Menpora 2021. PSM Makassar dan Persija Jakarta hanya bermain imbang 0-0 dalam duel yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (15/4) malam.

Babak Pertama (I)

Pertandingan langsung berjalan panas di menit-menit awal. Sutanto Tan mendapat kartu kuning setelah dianggap melakukan pelanggaran dalam duel udara dengan Marc Klok.

Peluang pertama duel ini muncul memasuki menit kelima. Gelandang PSM Makassar, Rasyid Bakri, melepas tendangan pojok terarah ke area kotak penalti. Namun, bola masih bisa dihalau oleh pemain belakang Persija Jakarta.

Di 10 menit pertama pertandingan, laga berlangsung sangat keras dengan lima kartu kuning yang dikeluarkan oleh wasit. Marc Klok terlihat membalas Sutanto Tan dengan menjatuhkannya sehingga mendapat kartu kuning juga.

Selain Klok dan Sutanto, ada dua pemain PSM lain yang juga mendapat kartu kuning yakni Zulkifli Syukur dan Erwin Gutawa. Lalu, bek Persija Yann Motta juga dihadiahi kartu kuning akibat pelanggaran yang dilakukannya.

Peluang emas menghampiri Persija lewat Osvaldo Haay pada menit ke-19. Tembakan tepat sasarannya masih mampu ditepis oleh kiper PSM, Hilman Syah.

PSM kemudian berupaya membalas dengan serangan balik cepat pada menit ke-27. Kali ini Saldy yang menjadi ujung tombak serangan melepas tembakan, namun masih mampu diamankan oleh Andritany.

Pertandingan yang berjalan sengit ini tidak menghasilkan gol pada babak pertama. Skor kacamata alias 0-0 sementara bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua (II)

Mengawali babak kedua, Persija Jakarta melakukan pergantian pemain dengan menarik keluar Heri Susanto. Sebagai pengganti, Riko Simanjuntak dimasukkan untuk mengisi posisi sayap kanan Macan Kemayoran.

Riko langsung memberikan ancaman hanya beberapa detik setelah masuk lapangan di menit ke-46. Dia melepas tembakan ke arah gawang PSM Makassar yang masih mampu diamankan oleh Hilman Syah.

Lima menit kemudian, giliran PSM Makassar yang mengirim ancaman ke arah gawang Persija Jakarta. Kali ini bek kiri Abdul Rachman yang melepas umpan terukur ke jantung pertahanan lawan. Namun, Andritany dengan sigap mengamankan bola.

Persija Jakarta mulai tampil mendominasi melihat PSM Makassar yang lebih memilih pasif dan bertahan. Pada menit ke-57, giliran Ramdani Lestaluhu yang menembak keras dari luar kotak penalti. Sayang, bola masih melambung di atas mistar gawang PSM Makassar.

Memasuki menit ke-61, peluang emas didapat Persija Jakarta. Itu berawal dari umpan tarik yang dilepaskan oleh Riko ke arah Marko Simic. Sayang, bola eksekusi Simic masih bisa dihalau oleh Zulkifli yang tepat berada di depan gawang.

Nasib sial dialami Persija Jakarta pada menit ke-83 lantaran harus melanjutkan pertandingan mengandalkan 10 personel. Bek kanan Marco Motta mendapat kartu kuning kedua sehingga diusir oleh wasit.

Di sisa waktu yang ada, kedua tim tampak masih berusaha untuk mencetak gol. Namun, skor 0-0 tidak berubah sampai wasit meniup peluit panjang.

  • PSM (4-3-3): Hilman Syah (kiper); Zulkifli Syukur, Erwin Gutawa, Hasyim Kipuw, Abdul Rachman (belakang); Rasyid Bakri, Sutanto Tan, Muhammad Arfan (tengah); Muhammad Rizky, Saldy, Yakob Sayuri (depan)
  • Pelatih: Syamsuddin Batola
  • Persija (4-3-3): Andritany Ardhiyasa (kiper); Marco Motta, Otavio Dutra, Yann Motta, Novri Setiawan (belakang); Rohit Chand, Ramdani Lestaluhu, Marc Klok (tengah); Heri Susanto, Marko Simic, Osvaldo Haay (depan)
  • Pelatih: Sudirman

○○○○

Sumber : bola.com

Pict : 📷 @pialamenpora2021