Bombastikkabausirah.com – Minggu (13/06/2021)

Timnas Indonesia baru saja menyelesaikan perjuangannya di Kualifikasi Piala Dunia zona Asia grup G pada Jumat (11/6). Pada laga terakhir, Timnas Indonesia dipaksa menyerah 0-5 dari tuan rumah Uni Emirat Arab (UEA) di Stadion Zabeel, Dubai.

Gol-gol kemenangan UEA dicetak oleh Ali Ahmed Mabkhout (22’49’), Fabio Lima (28′, 55′) dan Sebastian Tagliabuse (86′). Indonesia sebenarnya mempunyai kesempatan emas mencetak satu gol pada laga ini. Akan tetapi Evan Dimas gagal mengeksekusi penalti yang ia dapatkan di babak pertama.

Dengan kekalahan ini, Indonesia menutup perjuangan di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia grup G dengan berada di dasar klasemen dengan poin 1 dari 8 laga. Skuad Garuda tak pernah menang, sekali imbang dan kalah 7 kali, dengan hasil ini dapat dipastikan akan mengikuti Play-off Piala Asia 2023.

Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan mengindikasikan akan melakukan evaluasi untuk performa timnas selama di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022.

“Tentu kami ingin mendengar laporan dari pelatih Shin Tae-yong terkait Timnas Indonesia selama di UEA,” kata Mochamad Iriawan dikutip dari laman resmi PSSI.

“Apa saja yang harus dibenahi, apa yang kurangnya , dan apakah ada kendala di tim. Kami juga ingin melihat road map Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia selanjutnya,” imbuhnya.

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Iwan Bule itu melihat hasil yang diterima timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 sebagai bagian dari proses. Ia optimistis dengan kekuatan pemain muda, timnas Indonesia akan menjadi lebih baik ke depannya.

“Dengan mayoritas pemain muda telah memberikan warna baru untuk Timnas Indonesia meski belum meraih hasil maksimal. Tim ini disiapkan untuk ajang SEA Games 2021, Piala AFF 2021, dan turnamen-turnamen bergengsi lainnya. Pemain harus tetap semangat dan memetik pelajaran di tiga pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 ini,” imbuh Iwan Bule.

Skuad Garuda akan pulang ke Tanah Air pada Sabtu (12/6) pagi dari Dubai, UEA. Begitu tiba di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, seluruh pemain dan ofisial akan menjalani karantina mandiri selama lima hari di sebuah hotel di Jakarta.

Sementara itu, senada dengan Iwan Bule, asisten pelatih timnas Indonesia Choi In-cheol yang mewakili Shin Tae-yong percaya Evan Dimas cs bisa memetik pelajaran dari penampilan di Uni Emirat Arab.

“Belajar dari kekalahan ini, pasti akan berkembang juga. Karena hal positif, pemain kami muda dan ke depan lebih baik lagi. Jujur kita gak puas, tapi ke depannya pasti lebih baik. Latihan dengan baik. Kalah pengalaman, tapi kami punya harapan besar ini pemain muda,” kata Choi In-cheol.

○○○○

Sumber : bolasport.com

Pict : 📷 @pssi