Cara Membangun Stadion Lebih Hemat

Bombastikkabausirah.com – Sebuah skema yang bertujuan mempermudah klub untuk membangun sebuah stadion telah diperkenalkan di luar negeri.

Dan skema ini telah berhasil memudahkan klub membangun stadion dibeberapa negara. Bahkan di negara Asia Tenggara seperti Thailand telah berhasil diterapkan.

BOT (Build Operator Transfer) begitu nama skema tersebut. Adalah pemanfaatan barang milik perorangan atau daerah, berupa lahan yang dimanfaatkan oleh pihak lain dengan cara mendirikan bangunan atau sarana berikut fasilitasnya. Kemudian didayagunakan oleh pihak lain tersebut dalam jangka waktu tertentu yang telah disepakati.

Cara gampangnya adalah, Pemda/Pemko yang menyiapkan lahannya dan klub yang membangun stadionnya. Hal ini bisa terlaksana jika daerah tersebut mempunyai klub profesional yang kuat secara finansial, tetapi daerah tersebut mempunyai fasilitas stadion yang tidak memadai. Dan daerah tersebut pun pastinya tidak mempersulit investasi.

Hal yang seharusnya bisa diterapkan oleh Semen Padang FC dan pihak Pemerintah Kota Padang dan layak didukung Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Berikut beberapa stadion yang telah berhasil dibangun dengan sistem BOT tersebut.

1.New I Mobile Stadium, Thailand (Buriram United)

2. Alianz Arena, Italia (Juventus)

3. ANZ Stadium, Australia (Timnas Sepakbola dan Rugby Australia)

Pict : ? @stadionlovers

2 thoughts on “Cara Membangun Stadion Lebih Hemat

  1. ??, bisa sabana ny da min tapi kalau etong2 kurang tu indak bisa do yg ciek lai mayoritas pemikiran urang2 di penjabat awak maaf mangecek masih banyak yg jadul ? , yg ciek ko paliang banci awal samo PEMERINTAHAN INDONESIA rakyat udah bapikia ka mungki tapi yg manyadio an masih mamikiam paruik surang…,, hal2 macam iko kan alah pernah di sampaian ERIK TOHIR alasan ny indak namuah mambuek stadion di INDONESIA.

    1. Di ulang baliak sanak… bak kecek urng tuo2 pasa jalan dek ditampuah… apa kaji dek diulang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *