Daftar Klub Yang Berganti Nama Setelah Berganti Kepemilikan

Bombastikkabausirah.com – Gonta-ganti nama dan kepemilikan klub bukanlah hal yang baru di persepakbolaan Indonesia. Hal ini cukup sering terjadi.

Begitu kepemilikan klub berganti, nama klub juga berubah tergantung dimana homebase baru klub tersebut berada.

Sriwijaya FC (2004)

Mulanya bernama Persijatim Jakarta Timur, yang berdiri 1976. Namun pada 2002, Persijatim dijual ke Pemerintah Solo dan berganti nama menjadi Persijatim Solo FC.

Hanya dua tahun di Solo, lalu Persijatim Solo FC diakuisisi Pemerintah Propinsi Palembang. Dan kembali namanya diubah menjadi Sriwijaya FC. Namun tim yang berjulukan Laskat Wong Kito baru saja terjerembab alias terdegradasi ke Liga 2.

Borneo FC (2014)

Nama lengkap klub ini adalah Pusamania Borneo FC. Klub ini terbentuk setelah mengakuisisi Perseba Super Bangkalan yang ketika itu masih bermain dikasta kedua Liga Indonesia atau Divisi Utama Liga Indonesia.

Hanya setahun di Divisi Utama, Pusamania Borneo FC berhasil promosi ke Liga Super Indonesia, yang merupakan kasta tertinggi sepakbola Indonesia. Namun sekarang nama Pusamania mulai dihilangkan, dan lebih familiar dengan sebutan Borneo FC.

Bhayangkara FC (2016)

Awalnya berasal dari Persikubar Kutai Barat, lalu berganti nama ke Persebaya Surabaya hingga 2014. Namun setahun kemudian klub ini diwajibkan ganti nama dan dilarang menggunakan logo Persebaya setelah kalah dipengadilan.

Maka berganti namalah menjadi Bonek FC, Surabaya United. Sebelum dilebur dengan PS. Polri pada tahun 2016 hingga sekarang telah dipatenkan menjadi Bhayangkara FC dan langsung menjuarai Liga 1 setahun berikutnya.

Madura United (2016)

Sejarah asal muasal Madura United ini cukup panjang, sebab klub yang diakuisisi ini memiliki sejarah panjang di persepakbolaan Indonesia dan termasuk tim yang sukses di era Galatama yaitu Pelita Jaya.

Sampai 2012 saja klub ini telah berganti nama sebanyak delapan kali, diantaranya Pelita Mastrans, Pelita Bakrie, Pelita Solo, Pelita Krakatau Steel, Pelita Jaya Purwakarta, Pelita Jabar, Pelita Jaya Karawang dan kemudian dilebur bersama Bandung Raya menjadi Pelita Bandung Raya ditahun 2012.

Sebelum di akuisisi Madura United, klub ini sempat dijual sebentar kepemerintahan Bekasi dan berubah nama menjadi Persipasi Bandung Raya.

Tira Persikabo (2016)

Awalnya klub ini bernama PS. TNI, setelah mengambil alih Persiram Raja Ampat. Setahun kemudian berganti nama menjadi PS. TIRA. Nama ini juga setahun mereka pakai, sekarang PS. TIRA merger dengan Persikabo hingga namanya kembali di ubah menjadi Tira Persikabo.

Berikut beberapa klub lain yang berubah kepemilikan dan berganti nama.

Villa 2000 – Celebest FC (2016)

Persikad Depok – Bogor FC (2017)

Persiwa Wamena – Bina Putra FC (2017)

Perseru Serui – Badak Lampung FC (2018)

Sumber : dari berbagai media

Pict : ? @badaklampungnews

2 thoughts on “Daftar Klub Yang Berganti Nama Setelah Berganti Kepemilikan

  1. Yg indak masuak aka TIRA KABO samo BHAYANGKARA asal usul ny masih kontroversi ?.
    Kalau MADURA agak takalam stek masih rumit.
    Untuak SRIWIJAYA,BORNEO dan BALI baru jaleh asal usul ny da tabukak ka publik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *