Dalam Sepekan Wasit Thoriq Alkatiri Buat Kontroversi Di Dua Laga

Bombastikkabausirah.com- Thoriq Alkatiri, wasit nasional dengan lisensi tertinggi saat ini (Wasit elit AFC) tengah mendapatkan banyak sorotan. Pasalnya ia membuat keputusan yang berbeda dari persepsi publik dipentas Piala AFC 2019.

Pemicu hal tersebut terkait keputusannya memberikan penalti di laga antara klub top Kuwait, Qadsia SC kontra raksasa Bahrain Malkiya Club, di Stadion Jaber Al Ahmad Internasional, Kuwait, Senin lalu (1/4).

Dilaga tersebut ia memberikan hadiah penalti untuk tuan rumah Qadsia SC pada menit ke 68 lantaran kapten Qadsia SC, Bader Al Mutawwa, dijegal oleh pemain Malkiya, Ahmed Muslem. Namun pemain Malkiya menganggap Bader dilanggar diluar kotak penalti. Dan tak seharusnya berbuah penalti.

Meski mendapat protes keras, Thoriq tetap yakin keputusannya benar. Usai laga, ia pun melihat cuplikan pertandingannya. Saat itu ia semakin yakin keputusan yang ia ambil benar adanya.

“Jadi pemain Malkiya menekel dua kali. Pertama posisinya masih diluar kotak penalti. Namun, karena tidak berhasil ia tetap “memasang” kakinya hingga pemain Qadsia SC terjatuh. Jatuhnya itu tepat diatas garis sehingga layak diberikan penalti,” tutur Thoriq dilansir dari bolalob.com.

Sebelum ini Thoriq juga membuat keputusan kontroversial di Piala Presiden 2109 saat memimpin pertandingan Persija Jakarta melawan Kalteng Putra, Kamis (28/3), di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat.

Kala itu ia melakukan dua kesalahan sekaligus, yaitu mengesahkan gol tangan Patrick Wanggai dan gol off-side Bruno Matos, dalam pertandingan yang dimenangkan Kalteng Putra 4-3 melalui adu penalti.

“Kalau soal laga Persija vs Kalteng Putra, saya harus mengakui saya salah. Saya tidak melihat kejadiannya, mau bagaimana lagi saya memamg tidak melihatnya,” ucapnya masih dilansir dari bolalob.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *