Dari 17 Tim Sumatera, Hanya 7 Yang Lolos Ke Babak 32 Besar Liga 3 Indonesia 2021-2022

Bombastikkabausirah.com – Selasa (15/02/2022)

Babak 64 besar putaran nasional Liga 3 Indonesia 2021-2022 boleh dikatakan usai, sebentar lagi akan memasuki babak 32 besar. Bahkan pembagian grup untuk babak 32 besar sudah dirilis meski babak 64 besar masih manyisakan satu grup (grup O) yang belum tuntas.

Namun hal itu tidak mempengaruhi tim-tim asal Sumatera. Karena di grup tersebut tidak terdapat tim asal pulau yang juga terkenal dengan nama Pulau Andalas tersebut.

Karena disini kita mencoba membahas tim-tim asal Pulau Sumatera, termasuk tim asal Kepulauan Riau dan Bangka Belitung yang kita anggap masuk ke wilayah atau zona Sumatera.

Dari 10 Asosiasi Provinsi (Asprov), wilayah Sumatera ini mengirimkan 17 wakilnya yang berlaga dibabak 64 besar putaran nasional Liga 3 Indonesia 2021-2022 dengan rincian sebagai berikut.

Asprov Aceh 3 tim (PSBL Langsa, Galacticos FC Bireun, PSLS Lhokseumawe), Asprov Sumatera Utara 3 tim (PSDS Deli Serdang, YOB Belawan, Karo United) Asprov Sumatera Barat 2 tim (PSKB Bukittinggi, Gasliko 50 Kota).

Lalu Asprov Riau 2 tim (PS Siak, Tornado FC Pekanbaru), Asprov Kep. Riau 1 tim (757 Kepri Jaya), Asprov Jambi 1 tim (Jambi United) Asprov Bengkulu 1 tim (Benteng HB Bengkulu).

Kemudian Asprov Sumatera Selatan 1 Tim (PS Palembang), Asprov Bangka Belitung 2 tim (Belitong FC, PS Bangka Setara) dan terakhir Asprov Lampung 1 tim (AD Sport Lampung).

Dari 17 perwakilan di babak 64 besar tersebut, hanya 7 tim saja yang mampu melaju ke babak 32 besar. Ketujuh tim tersebut adalah PSBL Langsa, PSDS Deli Serdang, Karo United, PS Siak, Jambi United, PS Palembang dan Belitong FC.

Sisanya harus mengemas koper dan pulang kampung lebih awal. Kejadian yang paling tragis dan paling naas dialami tim asal Bangka Belitung, yaitu PS Bangka Setara. Runner-up Liga 3 Asprov Bangka Belitung tersebut menjadi satu-satunya tim yang tersingkir dengan poin 6!

Sempat menang tipis 2-1 atas Gasko Kolaka dilaga perdana, namun PS Bangka Setara kemudian kalah sangat telak 0-7 atas Persipa Pati di laga kedua. Kemudian menang lagi 2-0 atas UMS 1905 dilaga ketiga.

Dan benar saja selisih gol-lah yang membuat PS Bangka Setara harus masuk kotak setelah dilaga terakhir secara mengejutkan Gasko Kolaka mampu menumbangkan Persipa Pati yang begitu perkasa didua laga awal.

Persipa Pati keluar sebagai juara Grup G dengan nilai 6 (+9 gol), runner-up Gasko Kolaka nilai 6 (+2 gol), peringkat tiga PS Bangka Setara nilai 6 (-4 gol) dan juru kunci UMS 1905 nilai 0 (-7 gol).

Babak 32 besar putaran nasional Liga 3 Indonesia akan dimulai tanggal 16 Februari 2022, pantas kita nantikan sejauh mana langkah tim-tim asal Sumatera tersebut. Apakah akan dapat menggantikan dua tim asal Sumatera (KS Tiga Naga dan Badak Lampung FC) yang terdegradasi ke Liga 3 musim ini?

○○○○

Tim bombastikkabausirah.com

Pict : 📷 @belitong.fc

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *