Bombastikkabausirah.com – Demi mengarungi Liga 1 Indonesia 2019, semua tim melakukan pembenahan baik kekuatan tim maupun fasilitas yang akan digunakan. Termasuk para pendatang baru alias tiga tim promosi.

Berikut persiapan Stadion tiga tim promosi

1. Stadion Maguwuharjo (PSS Sleman)

Demi mendukung PSS Sleman menyonsong kompetisi Liga 1 musim 2019, Stadion Maguwuharjo mulai bersolek.

“Sekarang perbaikan untuk lapangan, rumput stadion tinggal perawatan,” kata Sumardi Kepala Unit Pelaksana Teknis Stadion Maguwuharjo, kepada media beberapa waktu lalu.

Setelah pembenahan rumput stadion yang bekerja sama dengan PT. Lestarindo Soccerfield, secara bertahap juga akan dilakukan penambahan fasilitas. Diruang kesehatan akan dibangun kamar mandi dan toilet.

Kini pembenahan telah selesai, dan baru saja Stadion Maguwuharjo di tunjuk sebagai salah satu tuan rumah penyelenggara Piala Presiden 2019.

Sepertinya PSS Sleman dengan Maguwuharjonya takkan menemui kesulitan dalam verifikasi nanti.

2. Stadion Tuah Pahoe (Kalteng Putra)

Selain kesiapan tim, satu hal penting yang juga wajib dibenahi oleh tim promosi Kalteng Putra ini adalah adanya dukungan stadion sesuai standar.

Terkait hal itu, Stadion Tuah Pahoe yang selama ini menjadi homebase Kalteng Putra pun akan dilakukan renovasi dan tambahan pembenahan- pembenahan. Dan untungnya, pembenahan mendapat dukungan penuh Pemprov Kalimantan Tengah (Kalteng).

“Kita akan benahi Stadion Tuah Pahoe agar memenuhi standar yang ditetapkan PSSI dan penyelenggara Liga 1,” kata Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran. Kepada media beberapa waktu lalu.

Pembenahan yang dilakukan meliputi rumput lapangan, fasilitas penerangan dan drainase stadion. Biaya yang diperlukan cukup besar dan diperkirakan menelan biaya 12 Milyar.

Pembenahan ini masih berlangsung, sebab saat Kalteng Putra menjadi tuan rumah dan menjamu Arema FC di laga semifinal Leg 2 Piala Presiden 2019, tim berjuluk Isen Mulang tersebut terpaksa bermain di Stadion 17 Mei Banjarmasin.

Jika pembenahan selesai tepat waktu, dapat dipastikan Kalteng Putra tak akan menemui kesulitan saat verifikasi nanti seperti halnya PSS Sleman.

3. Stadion Gor H. Agus Salim (Semen Padang FC)

Diantara tiga tim promosi, mungkin persiapan Semen Padang FC dalam membenahi stadion yang agak mengkhawatirkan.

Disamping minimnya dana, pergerakan pembenahan juga berjalan lambat. Hingga saat ini, Minggu (7/4) baru pembenahan rumput stadion yang dilakukan. Persiapan yang lain belum ada yang tersentuh bahkan pengecatan tribun stadion sekalipun.

Sebenarnya pihak Semen Padang FC telah mendatangkan PT. Lestarindo Soccerfield untuk pembenahan rumput stadion ini, namun karena sesuatu hal kerjasama ini urung terjadi.

Melihat perkembangan ini, pecinta tim Kabau Sirah pantas khawatir, sebab pilihannya jika stadion tak lolos verifikasi, menjadi tim musafir adalah pilihnnya.