Dipanggil Shin Tae-yong Untuk Timnas U-23, Tak Banyak yang Tau Cahya Supriadi

Bombastikkabausirah.com – Kamis (03/02/2022)

Nama Cahya Supriadi masuk dalam daftar 29 pemain yang dipanggil Timnas Indonesia untuk melakukan pemusatan latihan menjelang Piala AFF U-23 2022. Lantas, siapa Cahya Supriadi?

Cahya Supriadi sudah bermain untuk Persija Jakarta sejak usia dini. Ia tercatat pernah bermain untuk Persija U-16. Kala itu ia berhasil mencetak gol spektakuler ketika menghadapi Tira Persikabo di semifinal Liga 1 U-16 Elite Pro Academy 2019.

Saat itu, Cahya bermain sebagai kiper disepanjang babak pertama. Akan tetapi, memasuki penghujung babak kedua, sang pelatih yang punya strategi unik mengubah fungsinya menjadi pemain depan. Strategi aneh itu ternyata berbuah manis.

Persija mendapat kesempatan emas lewat tendangan bebas yang mampu diselesaikan dengan baik oleh Cahya Supriadi. Satu golnya membuat Macan Kemayoran muda berhasil menyamakan kedudukan dan memaksa pertandingan dilanjutkan ke babak adu penalti.

Itulah sedikit cerita tentang Cahya Supriadi. Dan kini PSSI telah mengumumkan daftar 29 pemain Timnas Indonesia yang dipanggil Shin Tae-yong untuk mengikuti pemusatan latihan (training center/TC) guna menghadapi Piala AFF U-23 2022.

Salah satu pemain yang kali ini mendapatkan panggilan dari Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia U-23 adalah Cahya Supriadi. Pemain yang kini sudah berusia 18 tahun itu menjadi satu dari tiga kiper yang dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas U-23.

Selain Cahya Supriadi, dua kiper lain yang dipanggil Shin Tae-yong adalah Muhammad Adisatryo dan Muhammad Riyandi. Cahya Supriadi merupakan anggota skuad utama Persija Jakarta di kompetisi BRI Liga 1 Indonesia musim 2021-2022.

Cahya menjadi kiper kelima yang ada di skuad Macan Kemayoran setelah Andritany Ardhiyasa, Risky Sudirman, Adixi Lenzivio, dan Yoewanto Setya Beny. Cahya Supriadi yang lahir di Karawang pada 11 Februari 2003 sebelumnya bermain untuk tim muda Persija.

Menurut data Transfermarkt, kiper berpostur 179 cm itu memperkuat Persija U-16 pada 2018-2020 dan Persija U-18 pada 2020. Cahya dipromosikan ke tim utama Persija menyusul cedera yang dialami oleh Risky Sudirman.

Akan tetapi, sejauh ini Cahya Supriadi belum pernah dimainkan pada pertandingan Liga 1. Dipanggil ke Timnas Indonesia U-23 membuat Cahya Supriadi dapat mewujudkan mimpinya.

“Salah satu cita-cita saya bermain bola bisa membela Timnas Indonesia,” kata Cahya, seperti dikutip dari TribunNews.com.

“Saya harus kerja keras di klub agar nantinya bisa terpilih ke Timnas suatu saat nanti,” imbuhnya.

Sebelum dipanggil ke Timnas U-23, Cahya Supriadi pernah mengikuti pemusatan latihan Timnas U-18 ke Turki pada November tahun lalu.

Kala itu, Cahya bergabung dengan Timnas Indonesia U-18 bersama lima pemain muda Persija lainnya yaitu Muhammad Uchida Sudirman, Muhammad Ferarri, Radzky Syawal Ginting, Raka Cahyana Rizky, dan Alfriyanto Nico Saputro.

Kini, Cahya Supriadi kembali mendapat panggilan membela negara. Ia masuk dalam daftar 29 pemain yang disiapkan Shin Tae-yong untuk menghadapi Piala AFF U-23 2022.

Adapun, Piala AFF U-23 2022 bakal digelar di Kamboja pada 14-26 Februari mendatang. Pada Piala AFF U-23 2022, Indonesia menghuni Grup B bersama Malaysia, Myanmar, dan Laos.

Biodata Singkat Cahya Supriadi

Nama lengkap: Cahya Supriadi
Tempat, tanggal lahir: Karawang, 11 Februari 2003
Tinggi badan: 179 cm
Posisi: Kiper
Kaki terkuat: Kanan
Klub saat ini: Persija Jakarta
Nomor punggung: 99
Karier klub:

  • 2018-2020 – Persija U16
  • 2020- Persija U18
  • 2021-sekarang – Persija

○○○○

Sumber : dari berbagai media

Pict : 📷 istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *