Bombastikkabausirah.com – Rabu (16/05/2021)

Timnas Indonesia asuhan pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong, telah menjalani laga perdana dari lima laga yang direncanakan selama Trainning Camp (TC) di Dubai, Uni Emirat Arab. Dilaga perdana ini Timnas Indonesia menghadapi Afganistan dalam tajuk pertandingan ujicoba, Selasa (25/5).

Timnas Indonesia harus menelan pil pahit dilaga ujicoba ini. Anak-anak asuhan Shin Tae-yong harus mengakui keunggulan lawannya Afganistan dengan skor tipis 2-3. Meski kalah, permainan Timnas Indonesia dinilai sudah ada peningkatan.

Dua gol balasan Timnas Indonesia dicetak oleh Egy Maulana Vikri dibabak kedua menit ke 59′ dan Adam Alis pada menit ke 64′. Disisa laga Timnas Indonesia terus berusaha mengejar ketertinggalan yang hanya berjarak satu gol lagi. Namun sayang hingga waktu pertandingan berakhir, Timnas Indonesia tak mampu mengejar ketertinggalan.

Menghadapi Afganistan, Selasa (25/5) Timnas Indonesia turun dengan formasi 4-4-2. Diposisi penjaga gawang, Adi Satryo. Lalu dibelakang, Firza Andika, Rachmat Irianto, Andy Setyo dan Rifat Marasabessy.

Sementara dilini tengah, Shin Tae-yong menempatkan, Osvaldo Haay, Adi Setyawan, Yacob Sayuri dan Witan Sulaeman. Kemudian dilini depan, Shin Tae- yong menduetkan Saddam Gaffar dan M. Rafli.

Babak Pertama (I)

Timnas Indonesia sepertinya belum benar-benar siap menghadapi laga ini. Terbukti Afganistan berhasil mencuri gol pada menit ke 6′. Kecolongan dimenit-menit awal membuat Timnas Indonesia tersentak dan berusaha untuk segera membalas.

Peluang pertama Timnas Indonesia datang dimenit ke-12. Berawal dari umpan Yacob Sayuri, sundulan M. Rafli masih dapat digagalkan dengan mudah oleh penjaga gawang Afganistan.

Kemudian pemain Timnas Indonesia silih berganti mendapatkan peluang. Penetrasi dan tendangan bebas Witan Sulaeman masih gagal. Pun demikian dengan peluang-peluang yang didapatkan Yacob Sayuri dan Osvaldo Haay.

Keasyikan menyerang, justru Timnas Indonesia kembali kebobolan. Afganistan yang sudah unggul satu gol berhasil menambah keunggulan menjadi 0-2 pada menit 43′. Skor 0-2 untuk Afganistan ini menutup babak pertama.

Babak Kedua (II)

Memasuki babak kedua dengan keadaan tertinggal dua gol, Timnas Indonesia langsung mencoba menekan lini pertahanan Afganistan. Namun Timnas Indonesia kembali kebobolan, tepatnya pada menit ke 52′, skor berubah menjadi 0-3.

Timnas Indonesia baru mampu memperkecil ketinggalan menjadi 1-3 melalui sontekan pemain yang bermain untuk klub Lechia Gdansk, Egy Maulana Vikri pada menit ke 59′.

Lima menit kemudian, Timnas Indonesia kembali mampu memperkecil ketertinggalan menjadi 2-3 melalui Adam Alis di menit 64′. Lewat umpan Egy dari skema tendangan bebas, Adam Alis berhasil melesakkan bola ke gawang Afganistan.

Menit ke-70′ Timnas Indonesia berpeluang untuk menyamakan kedudukan, Egy dijatuhkan di kotak terlarang. Namun menurut wasit itu bukanlah sebuah pelanggaran dan pertandingan dilanjutkan.

Hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya laga, upaya Timnas Indonesia untuk menyamakan kedudukan tidak berhasil dan selalu menemui kegagalan. Laga Timnas Indonesia melawan Afganistan pun berkesudahan 2-3.

○○○○

Tim Bombastikkabausirah.com

Pict : 📷 twitter pssi