Eks PPLP Sumbar Mendapat Julukan ‘Menara’ Lini Tengah Tim Asuhan Shin Tae-yong

Bombastikkabausirah.com – (Jumat, 16/10/2020)

Kanu Helmiawan menjadi salah satu nama segar di lini tengah Timnas Indonesia U-19 selama pemusatan latihan (TC) di Kroasia. Pemain milik Muba United ini mulai dipercaya mengisi susunan sebelas awal pada laga uji coba.

Saat Timnas Indonesia U-19 menghadapi Makedonia Utara, Kanu tampil sejak menit awal dan hingga pertandingan berakhir. Sosoknya cukup mencolok di lini sentral Timnas Indonesia U-19, dengan badan yang tinggi dibandingkan gelandang lain.

Lahir di Jakarta, Kanu pernah masuk tim junior Persija Jakarta hingga Borneo FC. Kontrak profesional ia dapat bersama klub Liga 2, Babel United, pada kompetisi 2019 lalu, hingga kini bertahan di klub tersebut, yang berganti nama jadi Muba United.

Tentunya, Kanu enggan menyia-nyiakan kesempatan untuk bisa menjadi pilihan di skuad Timnas Indonesia U-19. Dua event besar menanti Garuda Muda, dari mulai Piala Asia U-19 2020 yang ditunda ke tahun depan, hingga puncaknya adalah Piala Dunia U-20.
“Alhamdulillah pada awal 2020 saya mendapat panggilan pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 di Cikarang saat itu. Setelah itu saya bersyukur selalu dipanggil pelatih Shin Tae-yong saat lanjutan TC Timnas Indonesia U-19 di Thailand, Jakarta, dan saat ini di Kroasia,” ucap Kanu dikutip laman resmi PSSI.

Lahir dari pasangan yang berprofesi sebagai nelayan dan ibu rumah tangga, Kanu sudah ditempa berbagai sekolah sepakbola hingga sempat gabung PPLP Sumatera Barat. Gelandang Real Madrid Casemiro, hingga Evan Dimas, menjadi inspirasi Kanu dalam bermain.

“Saya bertekad dan punya mimpi menembus tim utama Timnas Indonesia U-19 nantinya. Saya ingin bermain di ajang Piala Asia U-19 dan tentu Piala Dunia U-20 tahun depan,” ucap Kanu.

Perjalanan Kanu di TC Timnas Indonesia U-19 tidak mulus, karena cedera pergelangan kaki sempat menghantamnya, sampai harus menepi pada awal TC September lalu. Namun ia bisa bangkit, dan merasakan progres luar biasa di bawah arahan Shin Tae-yong.

“Saat itu saya hanya fokus bagaimana caranya cepat sembuh, dan kembali bisa berlatih bersama tim lagi. Alhamdulillah saya sudah bisa berlatih normal, dan bermain tiga kali laga uji coba melawan Dinamo Zagreb, NK Dugopolje, dan Makedonia Utara,” urai Kanu.

“Kami harus selalu semangat, kerja keras, disiplin dan fokus. Pelatih Shin Tae-yong sangat luar biasa dalam memberikan materi latihan, dan beliau sangat disiplin,” tutup pemain kelahiran 27 April 2001 ini.

○○○○

Sumber : goal.com

Pict : 📷 google.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *