Bombastikkabausirah.com – Semenjak tim kebanggaan Ranah Minang ini, Semen Padang FC kembali ke kasta tertinggi Liga Indonesia, tim ini secara keseluruhan telah melakoni 8 pertandingan, dan baru dua kali tim ini melakoni laga resmi yaitu di Piala Indonesia.

Di laga yang berlangsung dua Leg ini Semen Padang FC mengalami dua kali kekalahan dari Tira Persikabo. Baik saat menjadi tuan rumah maupun saat bertamu ke kandang Tira Persikabo.

Saat Leg 1 berlangsung di kandang Kabau Sirah di Stadion Gor H. Agus Salim (GHAS) Padang, Semen Padang FC mengalami kekalahan 1-2. Satu-satunya gol balasan Semen Padang FC kala itu diciptakan pemain asing anyar Shukurali Pulatov yang saat itu sedang melakukan debutnya, memanfaatkan hasil tendangan bebas Nildo Victor Juffo. Bagi Juffo, itu juga merupakan assist pertamanya.

Sedangkan di Leg 2 Semen Padang FC kalah dengan dua gol tanpa balas. Total di dua laga tersebut tim Urang Awak ini kalah dengan agregat 1-4. Sekaligus memupus harapan Semen Padang FC untuk melangkah ke babak 8 besar.

Sedangkan enam laga lainnya adalah laga ujicoba, termasuk pertandingan turnamen pramusim Piala Presiden dan ujicoba tertutup dengan Timnas Indonesia U23 asuhan coach Indra Syafri.

Di laga ujicoba pertama tim yang berjuluk Kabau Sirah ini menang melawan tim PPLP Sumatera Barat dengan skor 5-0. Kelima gol itu dicetak oleh Agung Prasetyo, Rudi 2 gol, Risky Novriansyah dan Firman Septian melalui titik putih. Laga ini sendiri termasuk salah satu persiapan menjelang menghadapi Tira Persikabo di Piala Indonesia.

Menjelang mengikuti turnamen pramusim Piala Presiden 2019, Semen Padang FC melakukan sekali ujicoba melawan tim yang boleh dikatakan selevel yang sama-sama berasal dari Liga 1, Barito Putera. Melawan tim asuhan Jacksen F Tiago itu, Semen Padang FC bermain imbang 1-1. Kala itu gol penyeimbang kedudukan dicetak oleh pemain asal Prancis yang sedang trial Florent Zitte.

Di Piala Presiden 2019, Semen Padang FC tergabung di Grup B bersama Bhayangkara FC (tuan rumah), Bali United dan Mitra Kukar tim yang baru saja terdegradasi ke Liga 2 musim depan.

Di ajang Piala Presiden 2019 ini, Semen Padang FC melakoni tiga kali pertandingan. Di laga pertama Semen Padang FC kalah 2-4 dari tim Juara Liga 1 tahun 2017, Bhayangkara FC. Dua gol tim asuhan coach Syafrianto Rusli ini dicetak oleh Nildo Victor Juffo lewat gol spektakulernya dan satu gol lagi dari pemain trial Florent Zitte ( batal dikontrak karena tak menemukan kata sepakat).

Dilaga kedua di Piala Presiden ini, Semen Padang FC kembali mengalami kekalahan 1-2 dari Bali United, satu-satunya gol balasan Semen Padang FC diciptakan oleh Dedi Hartono. Kekalahan ini sekaligus memupus peluang tim Urang Awak itu melangkah lebih jauh di turnamen ini.

Sebelum melakukan pertandingan ketiga di Piala Presiden, Semen Padang FC sempat menerima tantangan Timnas Indonesia U23. Pertandingan ujicoba ini dilakukan tanpa persiapan yang panjang oleh kedua tim. Pertandingan ini dilangsungkan di Lapangan Madya, Kompleks Stadion Gelora Bung Karno. Pertandingan ini berakhir sama kuat 2-2. Kedua gol Semen Padang FC dicetak oleh Karl Max Barthelemey, pemain asing asal Chad yang juga sedang trial di klub Semen Padang FC.

Di laga terakhir Grup B Piala Presiden, Semen Padang FC berhasil mengalahkan Mitra Kukar dengan skor 2-0. Gol pertama Semen Padang FC dicetak Irsyad Maulana dan gol kedua dicetak melalui tendangan bebas Nildo Victor Juffo (gol kedua Juffo sepanjang turnamen).

Total dari delapan laga tersebut Semen Padang FC hanya mampu menang dua kali. Selebihnya dua kali imbang dan empat kali kalah. Sedangkan gol yang dibukukan adalah 14 kali memasukan dan 13 kali kemasukan.

Seusai turnamen pramusim ini, para pemain mendapatkan libur selama sepekan, sementara tim manajemen dan pelatih katanya akan melakukan evaluasi total atau menyeluruh.

Berikut kami kutip ucapan coach Syafrianto Rusli usai laga melawan Mitra Kukar di Piala Presiden.

” Saya sangat bersyukur dengan kemenangan ini. Dua pertandingan Piala Indonesia dan dua pertandingan Piala Presiden ditambah ujicoba dengan Timnas U23 kemarin kami belum meraih kemenangan. Dari dua pertandingan Piala Presiden sebelumnya, permainan para pemain mengalami progres dan melawan Mitra Kukar ini progresnya yang paling bagus. Kemenangan ini berkat kerja keras semua pemain dan doa seluruh masyarakat Sumatera Barat.”

Rekapan 8 pertandingan Semen Padang FC:

Vs PPLP Sumbar 5-0 (Ujicoba)

Vs Tira Persikabo 1-2 (Piala Indonesia)

Vs Tira Persikabo 0-2 (Piala Indonesia)

Vs Barito Putera 1-1 (Ujicoba)

Vs Bhayangkara FC 2-4 (Piala Presiden)

Vs Bali United 1-2 (Piala Presiden)

Vs Timnas U23 2-2 (Ujicoba)

Vs Mitra Kukar 2-0 (Piala Presiden)

8 pertandingan, 2 menang, 2 imbang, 4 kalah, 14 gol, 13 kebobolan.

Pict: @semenpadangfcid