Bombastikkabausirah.com – (Rabu, 07/04/2021)

Tak terasa Turnamen Sepakbola Forum Organisasi Kemasyarakatan Anti Narkoba (FOKAN) Sumatera Barat (Sumbar) Cup I U-23 2021 telah memasuki babak final. Dimana sore ini, Rabu (7/4) akan tersaji partai final ideal antara Tuah Basamo Pasaman Barat (Pasbar) Melawan Jantung Sehat FC (Janse FC) Kota Padang.

Memang laga final antara kedua tim ini sangat diinginkan dan diidam-idamkan sebagian besar pecinta sepakbola Kota Padang pada khususnya. Tuah Basamo Pasbar diluar dugaan berhasil menuai simpati publik karena permainan ciamiknya.

Pun demikian dengan Janse FC yang sebagian besar dihuni bibit-bibit muda Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pelajar (PPLP) Sumbar. Tim yang diasuh Dodi Leo ini sering menampilkan gaya permainan sepakbola modern dengan serangan-serangan yang cepat.

Satria Welli selaku sekretaris Panitia Pelaksana (Panpel) Turnamen Sepakbola FOKAN Cup I U-23 2021 mengaku cukup puas dengan penyelanggaraan turnamen sejauh ini. Ia tak menampik kalau turnamen ini masih banyak kekurangan disana-sini, dan semua kekurangan itu akan dijadikan Pekerjaan Rumah bersama bagi seluruh panpel termasuk ketua panpel, Surya Fery.

“Sangat bersyukur dengan terselenggaranya Turnamen FOKAN ini. Dalam situasi seperti ini (Pandemi COVID-19), kami (panpel) berusaha sekuat tenaga memberikan yang terbaik. Memang kami akui masih banyak kekurangan disana-sini, dan itu adalah tanggung jawab kami memperbaiki semua untuk kedepannya,” ujar Satria Welli saat berbincang-bincang dengan tim bombastikkabausirah.com.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya untuk semua pihak yang mendukung, baik secara moril maupun materil. Semua saran dan kritik kami terima demi kabaikan turnamen ini kedepannya. Untuk tim yang bertanding dilaga final, hiburlah penonton, bermainlah yang cantik dan junjung tinggi sportifitas. Tak lupa pula kami sampaikan pesan Ketua FOKAN Sumbar (Defrison Marja SH) tetap patuhi protokol kesehatan dengan menjaga jarak dan memakai masker,” sambung Satria Welli.

Dikutip dari bolabeten.com, diawal pembukaan Turnamen Sepakbola FOKAN Sumbar Cup I U-23 ini, Ketua DPD FOKAN Sumbar pernah menerangkan diadakannya turnamen ini merupakan kampanye mengantisipasi pengaruh narkoba yang semakin masif saat ini. Melalui sepakbola, salah satu upaya preventif FOKAN Sumbar dalam mengantisipasi bahaya zat-zat adiktif diseluruh lapisan masyarakat.

“FOKAN mitra strategis Badan Narkotika Nasional (BNN) dan POLRI dalam mensosialisasikan anti narkoba kemasyarakat. Kita lihat dengan sepakbola, upaya ini bisa kita lakukan,” ujar Defrison Marja.

“UU No 35 2009 tentang Narkotika Bab 13 menjelaskan tanggung jawab masyarakat dalam Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN). Insha Allah, turnamen ini akan rutin setiap tahun,” tutup Defrison Marja.

Dari segi pembinaan jangka pendek pun, Turnamen Sepakbola FOKAN Sumbar Cup I U-23 tahun 2021 ini telah memberi dampak positif terhadap persepakbolaan Sumbar, terbukti beberapa pemain yang tampil di turnamen ini dipantau dan diberi undangan untuk mengikuti latihan bersama atau trial bersama klub kebanggaan Ranah Minang, Semen Padang FC.

Bahkan seorang Raja Isa pelatih papan atas Liga Indonesia asal Malaysia yang sudah malang-melintang dipersepakbolaan nasional dan internasional sangat mengapresiasi turnamen ini ketika kami kabarkan dan kami share gambar-gambar beberapa pertandingan.

“Bersyukurlah warga Padang dan Sumbar masih bisa melaksanakan aktifitas sepakbola. Semoga sepakbola disana (Sumbar) semakin maju hendaknya. Sayang seribu sayang saat ini saya berada di Bangladesh,” ujar Raja Isa ketika kami hubungi via telepon.

“Jangankan di Pekanbaru ditempat terjauh di Indonesia pun akan saya usahakan datang menonton laga final yang anda ceritakan ini. Sebab, yang atas nama usia muda, atas nama pembinaan itu adalah fashion saya disepakbola. Salam sajalah untuk teman-teman disana. Selamat beraktifitas dan tetap jaga kesehatan. Wassalam,” ujarnya sambil menutup telepon.

○○○○

Tim bombastikkabausirah.com

Pict : 📷 panpel turnamen FOKAN