Florent Zitte Bomber Trial Semen Padang FC Yang Menjadi Buah Bibir

Malang – Selasa (26/2) Florent Zitte (26), Striker kelahiran 17 Mei 1993 Saint-Denis, Prancis ini masih dalam masa percobaan atau trial di klub Semen Padang FC, dan langsung menjadi buah bibir dikalangan suporter tim kebanggan Ranah Minang itu, setelah mencetak gol penyeimbang ketika tim berjuluk Kabau Sirah menantang Laskar Antasari di partai bertajuk ujicoba di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Laga ini digelar dengan tujuan mencari komposisi terbaik kedua tim menjelang digelarnya Piala Presiden 2019. Hal ini disebabkan banyaknya muka-muka baru yang bergabung ke kedua kubu. Baik Semen Padang FC maupun Barito Putera.

Setelah dikejutkan dengan pemulangan striker muda Tristan Koskor (23) kenegaranya Estonia oleh pihak manajemen, para fans Semen Padang FC kembali dikejutkan dengan kedatangan striker baru asal Prancis, Florent Zitte. Zitte langsung bergabung dengan skuad yang dalam masa persiapan untuk berujicoba dengan Barito Putera di Malang. Dan lebih mengejutkan lagi ia langsung mencetak gol di laga tersebut yang membuat pertandingan berakhir imbang 1-1.

Jika dibandingkan dengan Koskor (23), Zitte (26) lebih tua tiga tahun, dibandingkan lagi dari segi produktifitas gol, Zitte juga kalah jauh. Tapi ada hal yang membuat Zitte lebih unggul dibandingkan Koskor, yaitu pengalaman Zitte yang pernah bermain Ligue 1 Prancis bersama AS Nancy dimana liga yang merupakan kasta liga tertinggi di negara Napoleon itu, dan jauh lebih kompetitif jika dibandingkan liga di Estonia. Apalagi jika dibandingkan dari segi harga, berdasarkan Transfermark harga Zitte “cuma” Rp. 385 Juta!

Mengawali karir di skuad akademi AS Nancy (2009) selama tiga tahun, pria bertinggi 183 CM akhirnya dapat menembus tim utama AS Nancy di tahun 2012 hingga 2015. Dari 89 penampilan Baik di Nancy A ataupun Nancy B, Zitte hanya mampu mencatatkan 8 gol.

Ditahun 2015 ia dilepas AS Nancy ke klub kasta kedua Liga Belgia R.U. Saint Gilloise. Di klub Belgia ini ia mencatatkan 29 penampilan dengan membukukan 4 gol. Bertahan selama dua tahun di klub Belgia ini kemudian Zitte pindah ke klub semi-profesional Prancis, JS. Saint-Pierroise selama enam bulan. Di tahun 2018 ia tercatat memperkuat Luzenac AP klub kasta bawah Liga Prancis. Disini tercatat ia tampil sebanyak 10 kali dan mencetak 3 gol.

Terakhir sebelum bergabung menjalani trial di Semen Padang FC, Florent Zitte pernah memperkuat klub kasta tertinggi Liga Andorra, UE Sant Julia tampil sebanyak 10 kali dan mencetak 3 gol.

Di konfirmasi ke manajer Semen Padang FC, Win Bernadino, benar Zitte masih dalam masa trial dan Win mengatakan ada satu striker asing lagi yang sedang dalam perjalanan menuju skuad Semen Padang FC sebagai saingan Zitte yang juga akan trial menguji peruntungannya bersama tim Urang Awak itu.

“Sementara satu dulu (Florent Zitte). Satu lagi mungkin kalau sudah sampai di Jakarta dikabarkan,” ujar manajer berkacamata itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *