Bombastikkabausirah.com – Sabtu (12/06/2021)

Duel Timnas Indonesia melawan Uni Emirat Arab (UEA) bergulir di Stadion Zabeel, Dubai, UEA, Jumat (11/6). Uni Emirat Arab keluar sebagai pemenang dalam laga ini dengan skor 0-5.

Masing-masing gol dicetak melalui Ali Ahmed Mabkhout pada menit ke-22 dan penalti menit ke-49. Serta gol Fabio Lima pada menit ke-28 dan 55′, dan gol kelima yang berhasil dicetak oleh Sebastian Tagliabue pada menit ke-86.

Babak Pertama (I)

UEA tampil dengan mendominasi permainan sejak awal babak pertama. Lini pertahanan Timnas Indonesia digempur habis-habisan oleh para pemain UEA.

Bahkan tim asuhan Lambertus Marwijk sudah menciptakan peluang pada menit ke-10. Tendangan dari luar kotak penalti yang langsung mengarah ke gawang timnas mampu diamankan oleh Riyandi.

Skema penyerangan timnas Indonesia mulai mengalir melalui sisi kanan di mana ada Asnawi dan Adam Alis berhasil membawa bola ke depan. Namun, serangan tersebut langsung dibalas UEA pada menit ke-22 yang mana Ali Mabkhout mencetak gol pertama.

Tak lama setelah itu, UEA kembali memimpin melalui sundulan dari Fabio Lima pada menit ke-28. Timnas Indonesia mencoba bangkit dengan mencoba membangun serangan.

Bahkan Skuad Garuda mendapatkan kesempatan membobol gawang lawan ketika wasit menunjuk titik putih setelah bek tuan rumah melakukan handsball. Hanya saja Evan Dimas yang menjadi algojo penalti gagal menuntaskan tugasnya dengan baik.

Babak Kedua (II)

Memasuki babak kedua, Timnas Indonesia langsung mengganti para pemainnya, yakni Egy Maulana Vikri mengantikan Kushedya Hari Yudho. Begitu juga Witan Sulaeman dimasukkan menggantikan posisi Osvaldo Haay.

Uni Emirat Arab langsung menekan Timnas Indonesia dengan menendang langsung ke gawang melalui jarak jauh. Menit-menit awal di babak kedua UEA kembali mendapatkan hadiah tendangan penalti setelah skad Garuda melakukan pelanggaran di kotak penalti.

Tendangan penalti yang dieksekusi oleh Ali Ahmed Mabkhout mampu membobol sisi kanan gawang Riyandi pada menit ke-49.

Dengan masuknya Egy Maulana dan Witan Sulaeman, permainan Timnas Indonesia pun terlihat lumayan lebih hidup. Peluang demi peluang mencoba dilahirkan oleh Egy Maulana, namun para pemain timnas Indonesia kalah fisik di depan gawang. Sehingga lagi-lagi bola mampu dihalau oleh para pemain UEA.

UEA mengembalikan serangan dengan langsung menyulitkan pertahanan Timnas Indonesia. Lagi-lagi umpan silang yang diberikan oleh Mahmoud Khasim Alhammadi ke Fabio Lima berhasil melahirkan gol keempat pada menit ke-55.

Skuad Garuda mulai tampil lebih berani dengan terus melancarkan serangan, namun itu bukan hal yang mudah bagi Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia kembali mencoba menciptakan peluang, melalui masuknya Syahrian Abimanyu yang masuk menggantikan Arif Satria pada menit ke-62. Tetapi hal itu tak mudah, UEA pun mencoba mengubah para pemainnya dengan menarik Shaheen Abdalla Almaazmi dan memaaskkan Khalifa Mubarak pada menit ke-70.

Serangan bertubi-tubi diterima Mohamad Riyandi pada menit ke-71 yang mana Ali Mabkhout menyerang langsung ke gawang. Tetapi bola mampu diblok dan lagi-lagi bola kembali ditendang kearah gawang, tetapi Mohamad Riyandi mampu menahan bola.

Syahrian Abimanyu mencoba mengirim bola langsung ke arah Egy Maulana yang berada di depan kota penalti, tetapi Egy tak mampu menerima bola dengan baik.

Skuad Garuda pun mencoba mengubah permainan dengan menarik keluar Evan Dimas dan memasukkan Muhammad Rafli pada menit ke-75. Tetapi lagi-lagi serangan cepat terus dilakukan oleh UEA, sehingga bukan hal yang mudah bagi anak-anak Timnas Indonesia.

Bahkan korban berdatangan, Rizky Ridho terlihat cedera dan langsung digantikan oleh Didik Wahyu pada menit ke-81. Tentu saja, UEA tak mengendorkan serangan, Sebastian Tagliabue yang masuk menggantikan Ali Ahmed Mabkhout mampu mencetak gol langsung ke arah gawang Riyandi pada menit ke-86.

Hingga wasit meniup peluit panjang Timnas Indonesia tak mampu mencetak satu gol sama sekali. UEA berhasil keluar sebagai pemenang dengan skor 5-0.

Susunan Pemain Indonesia vs Uni Emirat Arab:

Indonesia (5-3-2): 1- Muhamad Riyandi; 14-Asnawi Mangkualam, 2-Arif Satria, 4-Rizky Ridho, 11-Pratama Arhan; 13-Rahmat Irianto, 18-Adam Alis, 6-Evan Dimas (C), 22- I Kadek Agung; 9-Kushedya Hari Yudo, 20-Osvaldo Haay.

Cadangan: 1- Mochmad Aqil Avik; 3-Firza Andika, 5-Didik Wahyu, 7-Genta Alparedo, 8-Witan Sulaeman, 10-Egy Maulana Vikri, 12-Muhammad Rifad Marasabessy, 15-Muhamad Rafli, 16-Ady Setiawan, 17- Syahrian Abimanyu, 19-Yakob Sayuri, 21-Braif Fatari.

Pelatih: Choi In-cheol

○○○○

Sumber : bolasport.com

Pict : 📷 mola tv