Bombastikkabausirah.com – Selasa (27/07/2021)

Proses penyembuhan cedera Koko Ari, mesti melewati meja operasi. Persebaya Surabaya dan PSSI telah sepakat untuk melakukan tindakan medis tersebut pada Selasa (27/7).

Koko mendapatkan cedera ketika melakoni pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia jelang Kualifikasi Piala Dunia 2022, di Dubai. Ditemukan robekan pada otot ligamen anterior cruciate ligament (ACL), pesepakbola berusia 21 tahun itu.

Akibat cedera yang diderita, Koko gagal tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Namun, tim pelatih Timnas Indonesia memutuskan ia tetap berada di Dubai untuk mendapatkan perawatan.

Setelah tiba di Surabaya, Koko langsung melakukan terapi bersama fisioterapis Persebaya. Namun, kondisi cederanya masih belum baik sehingga butuh perawatan lebih lanjut.

“Kita dari Persebaya menyampaikan ke PSSI bahwa Koko adalah aset Persebaya dan aset tim nasional, usia masih muda dan punya potensi karier yang masih panjang, itu yang menjadi alasan Kita mempertimbangkan operasi,” kata dokter Persebaya, Pratama Wicaksana, dikutip laman resmi klub.

Diperkirakan butuh waktu selama enam bulan, Koko pulih dari cederanya. Pratama menyatakan pemain yang berposisi sebagai bek tersebut sudah diberitahukan terkait itu.

“Komunikasi ke Koko dimulai sejak pertama cedera, opsi-opsi dan planning selalu kita sampaikan. Grogi pasti ada ya saya kira, tetapi dengan komunikasi yang baik, dia sudah ada bayangan rencana teraphy-nya,” ucapnya.

“Itu membantu untuk dukungan mental ketika tindakan operasi dan rehabilitasi panjang yang lebih menantang,” pria yang karib disapa dokter Tommy tersebut menambahkan.

Selain Koko, pemain asing Persebaya Bruno Moreira juga mesti operasi untuk menyembuhkan cederanya. Pesepakbola asal Brasil tersebut mengalami cedera pada bagian paha dalam.

Saat ini skuad Persebaya, masih menggelar latihan bersama. Bajul Ijo tidak memerintahkan para pemainnya berlatih mandiri seperti sejumlah klub Liga 1 Indonesia 2021, karena adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

○○○○

Sumber : goal.com

Pict : 📷 @kokoari3