Bombastikkabausirah.com – Senin (02/08/2021)

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan tak berhasil meraih medali perunggu badminton Olimpiade Tokyo 2020. Pasangan ganda putra unggulan kedua itu kandas di tangan Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia) dalam partai perebutan medali perunggu. 

Laga antara Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dan Aaron Chia/Soh Wooi Yik digelar di Musashino Forest Sport Plaza, Sabtu (31/7) malam WIB. 

Ahsan/Hendra yang bertarung tiga gim selama 52 menit harus mengakui keunggulan sang lawan dengan skor 21-17, 17-21, dan 14-21. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dan Aaron Chia/Soh Wooi Yik sama-sama terhenti di semifinal Olimpiade Tokyo 2020. 

Ahsan/Hendra dikalahkan Lee Yang/Wang Chi-Lin (Taiwan), sedangkan Aaron/Soh takluk dari wakil China, Li Jin Hui/Liu Yu Chen. 

Pertandingan ini jelas menjadi asa terakhir kedua pasangan untuk meraih medali. Tak mengherankan jika Ahsan/Hendra dan Aaron/Soh langsung mencoba menyerang sejak awal gim pertama. 

Perolehan poin kedua pasangan ketat hingga kedudukan 8-8, sebelum akhirnya Aaron Chia/Soh Wooi Yik melesat dan unggul 11-9 pada interval gim pertama. 

Seusai interval, Ahsan/Hendra berhasil meraih tiga poin beruntun dan berbalik unggul 12-11. Ahsan/Hendra berhasil memanfaatkan momentum tersebut dan semakin memperlebar jarak menjadi 16-13.

Pengembalian bola keluar Aaron/Soh membuat Ahsan/Hendra mencapai game point lebih dulu dalam kedudukan 20-16. Kemenangan Indonesia pada gim pertama itandai dengan smes menyilang Hendra Setiawan yang jatuh di sisi kanan lapangan Aaron Chia/Soh Wooi Yik. Ahsan/Hendra menang 21-17 pada gim pertama. 

Pada gim kedua, Ahsan/Hendra yang sempat tertinggal 2-5 berhasil menyamakan kedudukan menjadi 6-6 dan berbalik unggul 7-6.  Ahsan/Hendra lagi-lagi berhasil mempertahankan keunggulannya dan berbalik menyerang pasangan Malaysia hingga menyudahi interval gim kedua dengan keunggulan 11-7. 

Meski begitu, Aaron Chia/Soh Wooi Yik terus melepaskan serangan selepas jeda yang membuat mereka berhasil berbalik unggul 15-13. Kejar-kejaran poin pun terjadi hingga kedudukan 16-16, sebelum bola pengembalian Hendra yang gagal menyeberang net membawa Malaysia kembali unggul 17-16.

Malaysia pada akhirnya berhasil mengambil gim kedua dengan kemenangan 21-17. Pada awal gim penentu, Ahsan/Hendra melakukan kesalahan beruntun dengan pengembaliannya yang menyangkut di net. Hal tersebut membuat Malaysia unggul 4-1. 

Menjelang interval gim, Ahsan/Hendra belum berhasil mendekati laju angka Malaysia. Mereka tertinggal empat angka dalam kedudukan 4-8. Aaron Chia/Soh Wooi Yik membuat keunggulan 11-6 pada interval gim ketiga. 

Seusai pindah lapangan, Ahsan/Hendra berusaha terus mengejar poin Malaysia. Meski demikian, mereka masih terus tertinggal dengan selisih empat angka dalam kedudukan 15-11. 

Ketangguhan Aaron Chia/Soh Wooi Yik di gim ketiga pada akhirnya berhasil mengantarkan mereka meraih medali perunggu. Aaron/Soh menang 21-14 pada gim ketiga. 

○○○○

Sumber : kompas.com

Pict : 📷 @unifi