Phnom Penh- Minggu (24/2) Gol indah melalui tendangan bebas yang diciptakan pemain gelandang Garuda Muda Indonesia, Lutfi Kamal (Mitra Kukar) berhasil menghantarkan skuad asuhan pelatih asal Sumatera Barat, Indra Syafri menapaki babak Final Piala AFF U22 tahun 2019 di Kamboja.

Gol yang tercipta di babak kedua ini menjadi satu-satunya gol pada pertandingan semifinal pertama Piala AFF U22 ini. Gol yang menghantarkan skuad Garuda Muda ke final ini tercipta di menit ke 69, dan ini menjadi gol perdananya Lutfi Kamal di turnamen ini.

Babak I

Pertandingan semifinal antara Indonesia U22 melawan Vietnam U22 di Piala AFF U22 tahun 2019 ini berlangsung dalam tempo lambat.

Namun demikian, inisiatif penyerangan lebih di kuasai tim Garuda Muda dengan mencoba main terbuka. Sedangkan Vietnam U22 lebih menunggu dengan menumpuk lima bek dibelakang dengan formasi 5-3-2.

Walaupun Indonesia U22 lebih dominan di penguasaan bola dengan formasi 4-3-3, kesalahan dalam mengumpan di pertahanan Vietnam U22 masih sering terjadi. Sehingga serangan yang dibangun anak asuhan Indra Syafri menjadi terbuang sia-sia, karena tak membahayakan gawang Vietnam U22.

Sementara itu, walaupun banyak menunggu, Vietnam U22 tampak lebih membahayakan gawang Indonesia U22 yang kali ini di kawal Awan Setho melalui set piece bola-bola mati, baik dari tendangan bebas maupun tendangan pojok. Namun kali ini lini pertahanan Indonesia U22 tampak lebih siap.

Hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya babak pertama, kedudukan tak berubah, karena tak satupun gol yang tercipta. Babak pertama berakhir 0-0.

Babak II

Di babak kedua, ini tim asuhan coach Indra Syafri masih mendominasi. Tampak kali ini beberapa peluang mulai diciptakan tim Indonesia U22. Salah satunya lewat sundulan Marinus Wanewar yang masih mampu digagalkan kiper Vietnam U22.

Tempo dan tensi permainan tampak lebih meninggi, terbukti dengan terjadinya beberapa benturan keras yang menghasilkan kartu kuning.

Berawal dari sebuah serangan balik cepat yang dilakukan skuad Garuda Muda, kecepatan Gian Zola dihadang dengan keras oleh pemain Vietnam U22 saat mencoba menerobos pertahanan mereka. Pelanggaran ini terjadi tipis di luar kotak pinalti kesebelasan Vietnam U22.

Muhammad Lutfi Kamal Baharsyah yang menjadi eksekutor tendangan bebas ini mampu menjaringkan bola kepojok gawang Vietnam U22 tanpa mampu dihadang Y. Eli Nie sang penjaga gawang. Bola lengkung hasil sepakan Lutfi menghujam deras ke gawang Vietnam U22. Dan gol ini tercipta di menit ke 69.

Setelah kebobolan, Vietnam U22 mulai keluar menyerang. Mereka tak lagi menunggu di lini pertahanan, bahkan mereka mulai mengurung pertahanan Timnas Indonesia U22 dengan serangan bertubi-tubi.

Hingga berakhirnya injury time lima menit, Timnas Indonesia U22 masih mampu menahan gempuran Vietnam U22 dan mempertahankan kedudukan. Skor berakhir 1-0 untuk skuad Garuda Muda.

Di partai final, Indonesia U22 akan berhadapan dengan raksasa Asia Tenggara, Thailand U22, yang berhasil mengalahkan tuan rumah Kamboja U22 5-3 melalui adu pinalti setelah 2×44 dan 2×15 menit perpanjangan waktu skor masih kacamata.