Bombastikkabausirah.com – (Minggu, 11/04/2021)

Di babak pertama, satu kaki Persib Bandung telah menginjak semifinal Piala Menpora 2021. Memasuki paruh kedua, tim berjulukan Pangeran Biru itu tergelincir. Untungnya, Frets Butuan dan kawan-kawan masih mampu menahan beban untuk terus melaju ke empat besar.

Begitulah gambaran singkat pertarungan Persib Bandung kontra Persebaya Surabaya pada perempat final Piala Menpora di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (11/4).

Baru juga beberapa detik pertandingan berjalan, Persib Bandung telah unggul. Tendangan melengkung Ezra Walian menyasar ke jala kiri gawang Persebaya. Gol dari penyerang naturalisasi itu sekaligus menjadi yang tercepat di Piala Menpora.

Persib Bandung kian di atas angin setelah sontekan Wander Luiz pada menit keenam menggandakan keunggulan Persib Bandung atas Persebaya.

Klub berjuluk Maung Bandung belum puas. Buktinya, Persib Bandung terus menyerang pertahanan Persebaya. Hasilnya, Nick Kuipers berhasil mencetak gol ketiga melalui sundulan pada menit ke-30.

Di perpanjangan waktu babak pertama, Persebaya harus bermain dengan sepuluh orang. Pasalnya, kiper Satria Tama dikartu merah wasit setelah dianggap memegang bola di luar kotak penalti.

Para pemain Persib Bandung bisa santai menyambut paruh kedua. Namun, drama itu baru dimulai. Persebaya justru semakin bernafsu untuk mengejar ketertinggalan. Kalah jumlah pemain bukan masalah bagi tim berjulukan Bajul Ijo ini.

Persebaya mampu memperkecil kedudukan menjadi 1-3 via tandukan dari Arif Satria pada menit ke-62. Kans Bajul Ijo untuk mengejar Persib Bandung kian terbuka lebar dua menit berselang. Pasalnya, jumlah pemain kedua tim menjadi imbang setelah Wander Luiz menyusul Satria Tama ke luar lapangan. Bomber asal Brasil itu diganjar kartu merah akibat dinilai menampar pemain Persebaya.

Di sisa waktu pertandingan, Persebaya terus menekan Persib Bandung. Namun, hasilnya baru berbuah di masa injury time. Sundulan Mokhamad Syaifudin pada menit ke-90+3 berhasil masuk tepat sasaran. Maung Bandung semakin terdesak.

Beberapa detik sebelum peluit panjang, para pemain Persebaya meminta hadiah penalti kepada wasit Agus Fauzan Arifin. Gara-garanya, tendangan Samsul Arif diklaim membentur tangan personil Persib Bandung di kotak penalti.

Namun, Agus Fauzan tetap bergeming. Pengadil pertandingan asal Yogyakarta itu menganggap sepakan Samsul Arif tidak diblok oleh tangan pemain Persib.

Keputusannya sempat dipertanyakan. Dua sampai tiga pemain Persebaya mengerubungi Agus Fauzan. Untungnya, protes berjalan normal. Samsul Arif dan kawan-kawan menerima ketentuan itu dengan lapang dada.

Kemenangan 3-2 ini bikin Persib Bandung melaju ke semifinal Piala Menpora. Namun, tim berjuluk Maung Bandung tersebut masih menunggu lawan di empat besar.

Persib Bandung akan berhadapan dengan pemenang dari partai PSS Sleman kontra Bali United. Kedua tim bakal bertanding pada Senin (12/4) di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung.

Sementara itu, dua tiket di semifinal telah digenggam PSM Makassar dan Persija Jakarta. Kedua kesebelasan bakal mengulang rivalitas di penyisihan grup demi tiket menuju final Piala Menpora.

○○○○

Sumber : bola.com

Pict : 📷 google.com