Bombastikkabausirah.com – (Minggu, 22/11/2020)
PSSI menyelesaikan proses AFC Club Licensing Cycle 2020 melalui rapat yang digelar pada Kamis (19/11) di Hotel Harris FX, Jakarta. Hasilnya, PSSI memutuskan hanya enam klub di Indonesia yang dinyatakan profesional sesuai dengan persyaratan dari AFC.

.
Klub tersebut antara lain Bali United, Persipura Jayapura, Bhayangkara FC, Borneo FC Samarinda, Persib Bandung, serta Arema FC.

.
Keenamnya dinilai memenuhi AFC Club Licensing Cycle yang merupakan proses standarisasi dan verifikasi kualitas manajemen klub sepak bola profesional. Pelaksana tugas (Plt) Sekjen PSSI Yunus Nusi menyebut pandemi Covid-19 bukan alasan mandeknya proses penilaian lisensi klub.

.

PSSI melalui Club Licensing Department memang bertujuan mendorong agar klub-klub di Indonesia bisa memenuhi prasyarat dari AFC tersebut.

.
Rencananya, PSSI juga akan menerapkan lisensi standar nasional untuk klub di Indonesia.

.

“PSSI juga sedang menyiapkan National Club Licensing untuk diterapkan di Liga 1 dan Liga 2,” kata Yunus Nusi.

.
Dia berharap ke depannya akan semakin banyak klub profesional di tanah air yang bisa membuktikan kepada dunia bahwa Indonesia sudah berada dalam jalur yang tepat menuju industri sepak bola.

.

“Karena semakin banyak klub profesional di Indonesia, semakin maju dan jaya sepakbola Indonesia,” terang Yunus.

.

Penilaian ini akan dilakukan secara rutin setiap tahun untuk dilaporkan kepada AFC. Dalam rapat penentuan AFC Club Licensing Cycle 2020 tersebut, dihadiri seluruh anggota Club Licensing Committee.

.
Mereka ialah Timmy Setiawan sebagai Ketua, dengan anggota Danurwindo, Yakub Adi, Asep Saputra dan Alexander Tjahyadi.

.
Selain itu juga ada Manajer Club Licensing PSSI, Putri Aprillia Utomo serta Surya Binanga serta Moh Randi sebagai anggota. hadir juga Head of Legal PSSI, Lexyndo Hakim.

○○○○

Sumber : jpnn.com

Pict : 📷 google.com