Jangan Remehkan, Sebelum Lawan Indonesia Timor Leste Bekuk Filipina

Bombastikkabausirah.com – Rabu (26/01/2022)

Timor Leste sempat membuat kejutan dengan menaklukkan Filipina sebelum bertanding melawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday.

Timnas Indonesia akan menghadapi laga uji coba beragenda FIFA Matchday menghadapi Timor Leste dalam dua pertandingan yaitu pada tanggal 27 dan 30 Januari 2022 di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Semula Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Bangladesh. Namun karena terkendala masalah regulasi vaksi Covid-19 yang belum terpenuhi, kedua belah pihak akhirnya membatalkan rencana tersebut.

Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi, menjelaskan bahwa saat ini baru ada 10 pemain Timnas Bangladesh yang mendapatkan vaksin kedua.

Tentunya, ini melanggar regulasi di Indonesia yang mewajibkan warga asing diharuskan untuk melakukan vaksin dua kali di negara asalnya.

“Itu sebabnya FIFA matchday melawan Bangladesh batal. Sulit untuk merealisasikannya dengan alasan beberapa pemain mereka yang belum vaksin,” kata Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

Sebagai gantinya, PSSI lalau mencari lawan uji tanding lain. Dua negara masuk dalam kandidat yaitu Brunei Darussalam dan Timor Leste, hingga akhirnya nama terakhir yang akan menjadi lawan Skuad Garuda.

Timor Leste baru akan akan terbang ke Bali pada 24 Januari. Selama pertandingan di Bali, mereka tetap menerapkan bubble to bubble dan prokes yang ketat.

Laga Indonesia melawan Timor Leste adalah bagian dari persiapan mengikuti Piala AFF U-23 2022 pada Februari mendatang di Kamboja.

Banyak pemain-pemain muda yang disertakan seperti Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan, Marselino Ferdinan, Ramai Rumakiek, hingga Ronaldo Kwateh.

Hasil positif melawan Timor Leste bisa mengangkat posisi Timnas Indonesia di rangking FIFA. Meningkatnya ranking FIFA juga bisa memperbaiki pot Skuad Garuda di Kualifikasi Piala Asia 2023 mendatang. Saat ini Timnas Indonesia menempati urutan ke-164 dunia, sedangkan Timor Leste berada di posisi ke-196 dunia ranking FIFA.

Meski secara ranking dan kualitas materi pemain keduanya sangat berbeda kelas dimana Timnas Indonesia lebih baik, bukan berarti anak asuh Shin Tae-yong bisa meremehkan calon lawannya itu.

Apalagi sepak bola Timor Leste saat ini sudah jauh mengalami perbaikan baik dari segi kemampuan maupun organisasi permainan. Buktinya sebelum melawan Timnas Indonesia, mereka mampu mengalahkan Filipina dengan skor 1-0 dalam sebuah laga uji coba pada 31 Oktober 2021 lalu.

Pertandingan tersebut juga menjadi salah satu persiapan bagi kedua negara sebelum menghadapi turnamen Piala AFF 2020 lalu di Singapura. Sama seperti Timnas Indonesia, pelatih Timor Leste, Fabio Magrao, juga akan membawa skuat mudanya dengan rataan umur 20 tahun. 

Bahkan, pemain tertua Timor Leste baru berusia 26 tahun dan yang termuda berusia 19 tahun, seperti yang ia bawa saat tampil di Piala AFF 2020 lalu.

○○○○

Sumber : indosport.com

Pict : 📷 istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *