Kalahkan Timor Leste Lewat Adu Penalti, Vietnam Tantang Thailand Di Final Piala AFF U-23 2022

Bombastikkabausirah.com – Jumat (25/02/2022)

Hasil Timor Leste vs Vietnam di semifinal Piala AFF U-23 2022 sudah diketahui. Vietnam sukses melangkah ke final usai mengalahkan Timor Leste di babak adu penalti 0-0 (5-3).

Babak Pertama (I)

Pada babak pertama, Vietnam yang tengah dalam kondisi pincang langsung tancap gas menyerang pertahanan Timor Leste. Permainan cepat diterapkan oleh pasukan Dinh The Nam.

Meski demikian, Timor Leste bukan tanpa perlawanan. Terpantau, beberapa kali anak asuh Fabio Joaquim melakukan serangan balik yang cukup merepotkan pertahanan Vietnam.

Memasuki menit ke-30, Vietnam berhasil mengontrol jalannya pertandingan. Permainan ofensif dari sisi sayap kanan dan kiri bergantian dilancarkan anak asuh Dinh The Nam.

Serangan-serangan itu diinisiasi oleh Nguyen Trung Thanh yang beroperasi di sisi sayap. Namun begitu, beberapa peluang tidak mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Vietnam.

Di sisi lain, Timor Leste juga beberapa kali berhasil menciptakan peluang lewat skema serangan balik yang dipimpin Paulo Gali. Namun, serangan balik cepat itu selalu terputus di lini tengah.

Pada akhirnya, tidak ada gol yang tercipta hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya babak pertama. Skor kacamata 0-0 menutup babak pertama pertandingan semifinal antara Vietnam versus Timor Leste.

Babak Kedua (II)

Pada babak kedua, Vietnam langsung mendominasi pertandingan sejak awal. Meski demikian, The Golden Star -julukan Timnas Vietnam- menurunkan tempo serangan mereka.

Terpantau, hanya beberapa kali Vietnam mempunyai peluang lewat tendangan-tendangan spekulatif. Sementara, Timor Leste masih mengandalkan serangan balik yang cepat.

Umpan-umpan panjang dilepaskan anak asuh Fabio Joaquim ditujukan langsung kepada Paulo Gali. Pemain berusia 17 tahun itu menjadi andalan tunggal ujung tombak Timor Leste.

Namun, upaya yang dilakukan oleh Timor Leste selalu berakhir nihil. Pada akhirnya, pertandingan di babak kedua antara Vietnam versus Timor Leste berakhir imbang 0-0 di waktu normal.

Babak Perpanjangan Waktu

Pada babak perpanjangan waktu yang pertama, Vietnam mampu mengeksploitasi pertahanan Timor Leste. Serangan tim asuhan Dinh The Nam selalu efektif meski belum bisa membuahkan gol.

Sementara itu, Timor Leste justru tidak mendapatkan peluang emas seperti pada waktu normal. Mereka terkurung serangan Vietnam dan tidak mampu berbuat banyak.

Pada akhirnya, masih belum ada gol yang tercipta di babak pertama perpanjangan waktu. Beralih ke babak kedua perpanjangan waktu, terpantau stamina kedua tim sudah hampir terkuras habis.

Kedua tim tampak bermain dengan tempo yang sangat lambat. Meski demikian, Vietnam masih mendominasi jalannya pertandingan dengan melakukan kepungan ke pertahanan Timor Leste.

Namun begitu, tidak ada gol yang tercipta hingga dua babak perpanjangan waktu selesai. Pertandingan pun dilanjutkan ke babak adu penalti karena kedua tim masih sama kuat 0-0.

Babak Adu Penalti

Pada babak penalti, empat tendangan pertama berhasil melesat mulus masuk ke gawang Junildo Pereira. Sementara, satu eksekutor Timor Leste gagal di tendangan keempat.

Hal itu membuat Timnas Vietnam yang tengah unggul 4-3 berhasil menyudahi perlawanan Timor Leste. Akhirnya, skor akhir 5-3 untuk kemenangan Vietnam atas Timor Leste.

Susunan Pemain Timnas Timor Leste U-23 vs Vietnam U-23:

Timnas Timor Leste U-23:

Junildo Pereira, Jaimito Soares, Jhon Oliveira, Lucas Martins, Joao Bosco, Zenivio Mota, Filomeno Junior, Paulo Gali, Cristevao Moniz, Yohaned Gusmao, Joao Soares.

Pelatih: Fabio Joaquim Maciel Da Silva

Timnas Vietnam U-23:

Dang Tuan Hung, Tran Quang Thinh, Tran Bao Toan, Vo Nguyen Hoang, Vu Dinh Hai, Nguyen Trung Thanh, Huynh Tien Dat, Phan Tuan Tai, Dinh Quy, Doan Anh Viet, Nguyen Thanh Nhan.

Pelatih: Dinh The Nam

Sumber : okezone.com

Pict : 📷 @vietnam_vff

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *