Bombastikabausirah.com – (Senin, 12/04/2021)

Partai terakhir babak perempat final Piala Menpora 2021 mempertemukan PSS Sleman melawan Bali United. Laga ini berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Senin (12/4 malam WIB.

Pemenang dari laga PSS Sleman kontra Bali United ini sudah ditunggu oleh Persib Bandung di babak semifinal. PSS Sleman lolos ke perempat final sebagai juara Grup C, sedangkan Bali United berstatus runner-up grup D.

Babak Pertama (I)

Sejak peluit kick-off dibunyikan, kedua kesebelasan langsung memperlihatkan permainan dengan tempo tinggi. Namun, kemudian Bali United tampak lebih sering melancarkan serangan ke gawang PSS yang dikawal oleh Ega Rizky.

Klub berjuluk Serdadu Tridatu berkali-kali mampu mendapatkan peluang melalui situasi bola mati. Pada menit ke-18, Yabes Roni nyaris membuka keunggulan untuk Bali United. Akan tetapi, bola sundulannya dianggap belum melewati garis gawang sebelum ditepis kiper Ega Rizky.

Pada menit ke-26, kapten PSS Fabiano Beltrame mencoba melakukan tendangan jarak jauh. Namun, upaya pemain naturalisasi asal Brasil itu masih tipis berada di samping gawang Bali United.

Kedua tim sama-sama mendapat kesulitan dalam memperoleh tendangan ke gawang. Tendangan yang dilepaskan oleh para pemain kedua tim berulang kali tidak akurat atau melambung tinggi.

Pada menit ke-40, Irfan Jaya memiliki peluang setelah melakukan penetrasi, sayang ia kemudian terjatuh. Empat menit berselang, giliran Ricky Fajrin yang melakukan tendangan spekulasi dari jarak jauh, namun kembali tidak menemui sasaran. Alhasil, hingga wasit meniup peluit akhir babak pertama, skor kacamata tetap bertahan.

Babak kedua (II)

Di babak kedua, Bali United tak mengendurkan serangan. Serangan demi serangan yang dilancarkan para pemain Bali United tak kunjung membuahkan gol.

Bali United malah harus kehilangan satu pemain karena melakukan pelanggaran sangat berat terhadap pemain PSS. Bek Bali United Andhika Wijaya dihukum kartu merah menit ke-69 karena menerjang wajah Saddam Emiruddin Gaffar, mantan striker Timnas Indonesia U-19.

Andhika sangat menyesali peristiwa itu dan tak percaya terkena kartu merah. Babak kedua kembali berakhir tanpa gol dan pemenangnya harus ditentukan lewat adu penalti.

Babak Adu Penalti

Dalam adu penalti, PSS Sleman menjadi penendang pertama, yang dipercayakan kepada Irfan Jaya. Irfan berhasil menceploskan bola masuk ke kiri penjaga gawang Bali United.

Giliran Stefano Lilipaly dari Bali United, gol juga terjadi. Kembali ke PSS, Kim Kurniawan berhasil memasukkan bola dengan tendangan tinggi.

Lerby Eliandry dari Bali United kemudian juga sukses dalam tendangan penalti. Fabiano Beltrame dari PSS dengan tenang memasukkan bola ke sisi kanan.

Namun, Dias Angga Putra dari Bali United gagal, bola tendangannya melambung. Setelah itu, Wahyu Sukarta dari PSS sukses menjebol gawang Bali United di sisi kanan.

William Pacheco yang menjadi penentu dari Bali United ternyata juga gagal. Tendangannya ke arah kanan bawah terlalu lemah dan mudah ditangkap kiper PSS. PSS akhirnya menang adu penalti 4-2 dan menantang Persib Bandung di semifinal.

Daftar Susunan Pemain

PSS Sleman

Starting XI: Ega Rizky, Irawan, Fabiano, Maslac, Samsul, Kim, Evans, Velez, Irfan, Irkham, Arsyad

Cadangan: Adi Satryo, Fandry, Dendi, Chanigio, Sukarta, Derry, Kurniawan, Fitra, Saddam, Rafi

Bali United

Starting XI: Wawan, Fajrin, Haudi, Pacheco, Andhika, Fadil, Hariono, Pellu, Lilipaly, Yabes, Spasojevic

Cadangan: Reimas, Gunawan, Saimima, Dias, Taufiq, Gavin, Kadek, Rahmat, Lerby, Jauhari

○○○○

Sumber : superball.id

Pict : 📷 google.com