Bombastikkabausirah.com – (Minggu, 11/10/2020)

Timnas Indonesia U-19 sukses meraih kemenangan pada laga uji coba internasional kontra Makedonia Utara, di Stadion NK Junak, Sinj, Minggu (11/20) malam WIB. Pada laga ini, pelatih Shin Tae-yong mempercayakan debut pada Elkan Baggott yang baru gabung beberapa hari lalu.

Babak Pertama (I)

Indonesia tampil percaya diri dan mendominasi serangan pada babak pertama. Pertahanan Makedonia boleh dibilang rapat, namun selalu ada celah untuk pemain Indonesia merangsek lebih dalam ke kotak penalti.

Tekanan demi tekanan yang dilancarkan oleh Elkan Baggott dan kolega akhirya berbuah gol pada menit ke-13. Adalah Witan Sulaeman, yang dengan tenang mengirim bola ke tiang jauh hingga menjadi gol pertama di laga ini.

Umpan terobosan yang diberikan oleh Braif Fatari disambar Witan yang masuk ke kotak penalti hingga berada di posisi empuk untuk melakukan placing. Skor 1-0 untuk Indonesia bertahan hingga paruh pertama usai.

Secara keseluruhan, babak pertama memang menjadi milik Indonesia. Sayangnya, situasi kurang beruntung dialami Braif yang harus ditarik keluar karena cedera pada menit ke-20, kemudian digantikan oleh Jack Brown.

Babak Kedua (II)

Awal babak kedua dimulai, Makedonia langsung ngotot untuk tampil menyerang. Behar Feta yang memang sejak babak pertama tampil gesit kali ini dilanggar di kotak penalti oleh Bagas Kaffa, dan wasit menunjuk titik putih.

Dimitar Todorovski yang menjadi eksekutor gagal melaksanakan tugasnya dengan baik, karena Adi Satryo mampu menepis bola dengan canti. Sayang, wasit menilai ada pelanggaran sehingga penalti harus diulang kembali.

Peluang kali ini tidak disia-siakan oleh Todorovski, bola ia tendang dengan percaya diri, arah mampu dibaca oleh Adi, tapi bola terlalu deras sehingga gol tak bisa dihindari. Kedudukan pun menjadi imbang 1-1 pada menit 49′.

Mental Indonesia tak padam setelah Makedonia menyamakan skor. Pergantian pemain juga dilakukan, utamanya di lini tengah dengan memainkan Brylian Aldama dan Beckham Putra. Indonesia kembali menekan Makedonia.

Kedudukan akhirnya kembali menjadi milik Indonesia pada menit ke-58, kali ini Jack Brown yang mencatatkan namanya di papan skor. Berawal dari sepak pojok Witan, Jack menyambar bola di kotak penalti tanpa bisa dibendung. 2-1.

Jack tidak menyia-nyiakan kesempatan ketika diturunkan. Lagi-lagi pemain berdarah Inggris itu mencetak gol pada menit 69′. Pemain milik Lincoln City tersebut menyambar umpan Bagas dan tanpa ampun meneruskannya ke gawang untuk membawa Indonesia unggul 3-1.

Sudah unggul cukup aman, tidak ada tanda-tanda Indonesia mengendurkan serangan. Semangat yang luar biasa dari anak-anak Garuda Muda sekilas membuat para pemain Makedonia terlihat frustrasi sehingga kerap melakukan pelanggaran.

Gol kembali terjadi untuk Indonesia, kali ini Irfan Jauhari yang mencetak gol keempat Indonesia pada menit 84′. Berawal dari tendangan jarak jauh Beckham yang ditepis oleh Kire Novakov, Irfan langsung menyambut bola rebound dan memastikan gol keempat untuk Indonesia.

Sempat terjadi adu mulut antara pemain Indonesia, Jack, dan pemain Makedonia, namun bisa didinginkan oleh Bagas. Indonesia mulai fokus menjaga pertahanan pada menit-menit akhir. Kredit untuk penampilan Elkan dalam debutnya, karena mampu bermain tenang dalam memutus serangan lawan. Laga pun selesai dengan skor 4-1.

Timnas Indonesia U-19: Adi Satryo; Bagas Kaffa, Rizky Ridho, Elkan Baggott, Pratama Arhan; Witan Sulaeman, David Maulana, Kanu, Irfan Jauhari; Braif Fatari, Saddam Gaffar.

○○○○

Sumber : goal.com

Pict : 📷 @pssi