Langsung Ketemu Kuwait, Berikut Head To Head Timnas vs Kuwait

Bombastikkabausirah.com – Sabtu (26/02/2022)

Timnas akan langsung menantang Kuwait, Jordania dan Nepal di grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 . Bagaimana rekor tim Merah Putih dengan Kuwait?

Drawing Kualifikasi Piala Asia 2023 telah dilaksanakan pada Kamis (24/2) siang WIB. Tak disangka, Timnas Indonesia yang ada di pot 3 tergabung dalam grup yang relatif berat, yakni grup A.

Di grup ini, Timnas Indonesia akan bersua Yordania, Kuwait dan Nepal. Dari tiga negara tersebut, tercatat dua nama pertama sebagai lawan berat.

Sedangkan Nepal dianggap bisa dikalahkan Timnas Indonesia. Meski begitu, negara tersebut berpartisipasi bukan sebagai pelengkap karena prestasinya tahun lalu yang menembus final SAFF Championship.

Dengan kata lain, lawan-lawan yang akan dihadapi Timnas Indonesia tergolong lawan kuat. Dari ketiga lawan itu, hanya Yordania yang dianggap batu sandungan utama. Sedangkan Kuwait dan Nepal dianggap masih bisa ditaklukan Timnas Indonesia

Di atas kertas, Nepal masih bisa dikalahkan. Apalagi, Timnas Indonesia unggul secara ranking dan juga head to head saat keduanya bertemu.

Alhasil, lawan Timnas Indonesia lainnya nanti adalah Kuwait. Nyatanya, sejarah mencatat tim Merah Putih tak punya catatan apik melawan timnas berjuluk Al Azraq itu.

Lantas, bagaimana Head to Head Timnas Indonesia melawan Kuwait?

Dalam sejarahnya, tercatat Timnas Indonesia telah bertemu Kuwait sebanyak enam kali di berbagai ajang, baik resmi maupun non resmi.

Dalam enam pertemuan itu, Timnas Indonesia hanya mampu menang sekali saja atas Kuwait. Itu pun tercatat di ajang tak resmi pada 1980 silam, yakni Merdeka Tournament.

Di ajang lainnya seperti Asian Games dan Kualifikasi Piala Asia, Timnas Indonesia tak pernah menang dengan rekor tiga hasil imbang dan dua kekalahan.

Pertemuan terakhir antara Timnas Indonesia dan Kuwait sendiri terjadi di Kualifikasi Piala Asia 2011 pada 2009 silam.

Saat itu, Timnas Indonesia dan Kuwait tergabung di grup B bersama Australia dan Oman pada Kualifikasi Piala Asia 2011.

Dalam dua pertemuan dengan Kuwait, Timnas Indonesia meraih hasil imbang 1-1 di Stadion Gelora Bung Karno. Sedangkan di kandang lawan, tim Merah Putih takluk dengan skor 1-2.

Berikut hasil enam pertemuan Timnas Indonesia vs Kuwait.

(19/10/1980) Timnas Indonesia 2 – 1 Kuwait (Merdeka Tournament)


(04/10/1986) Timnas Indonesia 0 – 5 Kuwait (Asian Games)


(04/12/1996) Timnas Indonesia 2 – 2 Kuwait (AFC Asian Cup)


(13/10/2000) Timnas Indonesia 0 – 0 Kuwait (AFC Asian Cup)


(14/11/2009) Timnas Indonesia 1 – 2 Kuwait (AFC Asian Cup)


(18/11/2009) Timnas Indonesia 1 – 1 Kuwait (AFC Asian Cup)

○○○○

Sumber : detik.com

Pict : 📷 istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *