Bombastikkabausirah.com – (Jumat, 09/04/2021)

PSM Makassar berhasil mengalahkan PSIS Semarang pada perempat final Piala Menpora 2021. Laga PSIS vs PSM Makassar yang digelar di Stadion Kanjuruhan, Malang, pada Jumat (9/4) malam WIB itu berakhir lewat drama adu penalti.

Duel antara PSIS Semarang vs PSM Makassar yang merupakan perempat final pertama Piala Menpora 2021 itu harus ditentukan lewat adu penalti setelah skor 0-0 bertahan hingga 90 menit waktu normal berakhir.

Pada babak adu penalti, dua dari empat pemain PSIS Semarang yang ditunjuk sebagai algojo gagal menjalankan tugasnya. Sementara, empat pemain PSM Makassar sukses mengekusi penalti dan menutup drama dengan skor 4-2.

Berkat hasil ini, PSM Makassar berhak melaju ke semifinal Piala Menpora 2021, sedangkan PSIS Semarang harus terhenti di perempat final. Kedua tim menunjukkan permainan agresif sejak awal babak pertama. Bahkan, tiga pelanggaran sudah tercatat kala laga baru berjalan empat menit.

Di tengah permainan agresif yang ditunjukkan, PSIS Semarang menciptakan peluang pertama pada menit ketujuh.Berawal dari umpan silang Fandi Eko Utomo yang mampu dihalau bek PSM Makassar, Eka Febri Yogi menerima bola liar di depan kotak penalti.

Eka Febri kemudian langsung melancarkan sepakan mendatar yang mengarah ke sisi kiri gawang kiper PSM, Hilman Syah. Hilman Syah tampil cukup tenang dan mampu mengantisipasi arah bola hasil sepakan Eka Febri.

Berselang tujuh menit kemudian, PSIS kembali menciptakan peluang lewat tendangan bebas. Eksekusi tendangan bebas dari salah satu pemain PSIS itu mengarah tepat ke gawang PSM, tetapi masih mampu ditepis oleh Hilman Syah.

Bola muntah hasil tepisan Hilman Syah kemudian jatuh di kaki Ryan Ardiansyah. Namun, sepakan kaki kanan Ryan masih bisa dihalau bek PSM dan menghasilkan sepak pojok. Tak lama setelah itu, Hari Nur mendapat peluang emas yang ketiga. Dia menerima umpan silang dari Ryan Ardiansyah.

Akan tetapi, sundulannya masih melambung tinggi di atas istar gawang PSM Makassar. Pada menit ke-70, giliran PSIS yang mendapat peluang emas. Hari Nur Yulianto meraih bola di jantung pertahanan PSM.

Namun, dia gagal memaksimalkan peluang itu setelah sepakannya melebar di sisi kanan gawang PSM. Ketika waktu normal menyisakan empat menit, PSM Makassar kembali mendpatkan peluang emas lewat skema sepak pojok. Peluang itu pun kembali gagal berbuah gol setelah sundulan salah satu PSM Makassar mampu ditepis oleh Jandia Eka Putra.

Tak ada gol yang tercipta hingga babak kedua usai. Pemenang duel antara PSIS Semarang dan PSM Makassar pun harus ditentukan lewat adu penalti.

Pada babak adu penalti, dua dari empat pemain PSIS Semarang yang ditunjuk sebagai algojo gagal menjalankan tugasnya. Sementara, empat pemain PSM Makassar sukses mengekusi penalti dan menutup drama dengan skor 4-2. Alhasil, PSM Makassar menjadi tim pertama yang melaju ke semifinal Piala Menpora 2021.

Susunan pemain PSIS vs PSM Makassar:

PSIS Semarang (4-2-3-1): 30-Jandia Eka Putra (GK); 19-Alfeandra Dewangga, 11-Pratama Arhan, 2-Ryan Ardiansyah (27-Safrudin Tahar), 5-Wahyu Prasetyo; 44-Eka Febri Yogi (20-Riski Fajar), 16-Finky Pasamba; 95-Komarudin (77-Andreas Ado, 13-Soni Setiawan), 79-Fandi Eko Utomo, 46-Fredyan Wahyu; 22-Hari Nur Yulianto.

Pelatih: Dragan Djukanovic.

PSM Makassar (4-3-3): 97-Hilman Syah (GK); 3-Zulkifli Syukur, 15-Hasyim Kipuw, 5-Erwin Gutawa, 25-Abdul Rahman; 8-Sutanto, 48-M Arfan, 17-Rasyid Bakri; 22-Yakob Sayuri, 99-Saldi (37-M Rifky), 24-M Rizky (27-Patrich Wanggai).

Pelatih: Syamsuddin Batolla.

○○○○

Sumber : kompas.com

Pict : 📷 google.com