Bombastikkabausirah.com – Jumat (20/08/2021)

PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) selaku operator kompetisi Tanah Air terus berupaya agar Liga 2 Indonesia 2021 bisa digelar selepas Liga 1 Indonesia 2021 berjalan pada 27 Agustus 2021 mendatang.

Nasib Liga 2 Indonesia 2021 dengan Liga 1 Indonesia 2021 musim ini memang sedikit jomplang. Liga 1 Indonesia 2021 direncanakan sangat matang baik dari segi teknis maupun nonteknis.

Kasta tertinggi sepak bola Tanai Air akan dihelat dengan format series dan bubble to bubble. Seri pertama bakal bergulir di tiga provinsi sekaligus yaitu Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat.

Seri kedua di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, lalu seri ketiga dan keempat di Jawa Timur. Untuk seri kelima kembali ke Jawa Tengah dan Yogyakarta dan terakhir kembali di Banten, Jawa Barat, dan Jakarta.

Sementara itu, pelaksanaan Liga 2 Indonesia 2021 hingga saat ini tak kunjung menemui titik terang. Namun, hal itu bukan masalah lantaran kedua kasta sepak bola Indonesia sudah mendapat restu bergulir dari Satgas Covid-19 pada Rabu (18/8/) lalu.

Direktur PT LIB, Akhmad Hadian Lukita menjelaskan, pihaknya tengah mencari formula terbaik untuk penyelanggraan Liga 2 Indonesia 2021 musim ini. Kemungkinan jadwal kick-off Liga 2 Indonesia 2021 bisa tetap sama maupun berubah untuk menyesuaikan dan mematangkan format kompetisi.

“(kick-off) Itu akan kita plot paling cepat 2 pekan, paling lambat 3 pekan setelah kick-off liga 1. Bisa di pertengahan September, kita plot di situ juga,” kata Hadian Lukita dikutip dari tribunnews.com.

Meski begitu, Hadian Lukita menyampaikan ada kabar baik terkait kompetisi Liga 2 Indonesia 2021. Untuk kali pertama, Liga 2 Indonesia bakal disokong sponsor utama musim ini. Sponsor Liga 2 Indonesia 2021 telah diseleksi dan akan diumumkan setelah Liga 1 Indonesia 2021 dimulai.

“InshaAllah sedang mengerucut (sponsor Liga 2). Salah satunya ke perusahaan konsumsi, mengerucut ke situ. Yang jelas pada saat liga 1 dimulai, kita akan segera informasikan Liga 2,” jelas Hadian.

Adapun untuk format yang akan dipakai Liga 2 Indonesia 2021, Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno menjelaskan sampai saat ini memang belum dipastikan.

Pihaknya terus merancang format seperti apa yang cocok diterapkan di masa pandemi. Sebelumnya, format Liga 2 Indonesia 2021 akan dibagi 24 klub dalam empat grup dan berlangsung selama 6 bulan.

“Kami akan konsultasi dengan federasi terkait dengan skema liga 2 ini, Kami sudah bidding ke liga 2 calon tuan rumah, itu masih berlangsung, sehingga kami belum tentukan tiga grup atau empat grup yang jelas LIB rancang draft dan setelah itu kami presentasi ke federasi,” katanya.

○○○○

Sumber : bolasport.com

Pict : 📷 google.com