Bombastikkabausirah.com – Rabu (19/05/2021)

Timnas Indonesia langsung menggelar latihan ringan begitu sampai di Dubai, Uni Emirat Arab, Senin (17/5). Pelatih Shin Tae-yong mengajak anak asuhnya berlatih di pantai belakang hotel tempat menginap, Hotel JA Resorts and Hotels Dubai.

Sesi latihan ringan dilakukan karena Timnas Indonesia melakukan perjalanan panjang menggunakan pesawat terbang dari Jakarta menuju Dubai. Fokus latihan mengacu pada pemanasan dan senam ringan untuk melemaskan kembali otot-otot kaki para pemain.

Selain itu, Timnas Indonesia juga melakukan kegiatan berlari menyusuri tepi pantai dengan jarak tempur hampir 1 KM. Pelatih Shin Tae-yong menyebut materi latihan ringan itu diberikan untuk mengembalikan kondisi fisik para pemain.

“Menu latihan hari ini memang mengenai pemulihan fisik dari para pemain usai beberapa jam berada di pesawat dari malam hingga pagi. Pagi mereka sarapan dan istirahat di Hotel, dan sorenya kami gelar latihan ringan,” kata Shin Tae-yong.

Selain latihan ringan, pelatih Shin Tae-yong juga mengajari menu berbagai jenis tendangan. Menurut Shin Tae-yong, hal itu dilakukan untuk mengantisipasi situasi yang sebenarnya terjadi pada saat pertandingan.

“Kemudian mungkin dibeberapa pertandingan nanti ada momen-momen di mana harus melakukan tendangan salto atau tendangan dengan menggunakan teknik serta sundulan, itu yang dilakukan pada latihan sore ini,” ucap pelatih asal Korea Selatan itu.

Timnas Indonesia akan menghadapi Afghanistan (25/5) dan Oman (29/5) pada laga uji coba. Setelah itu, Timnas Garuda akan menghadapi Thailand (3/6), Vietnam (7/6), dan Uni Emirat Arab (11/6) pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Pelatih Shin Tae-yong sengaja tak langsung menggenjot fisik para pemain Timnas Indonesia begitu sampai di Dubai. Shin Tae-yong beralasan, hal itu takut membuat kondisi fisik para pemain kaget setelah melalui perjalanan melelahkan.

“Hari ini hanya sebatas bagaimana para pemain bisa beradaptasi dengan cuaca dan lingkungan sekitarnya. Dengan berfokus pada pemulihan stamina dari pemain itu sendiri usai perjalanan melelahkan dari Jakarta kesini dan pemain harus lebih rileks saja,” ucap Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia masih punya waktu untuk beradaptasi dengan situasi di Dubai, Uni Emirat Arab. Pelatih Shin Tae-yong juga punya waktu untuk menerapkan latihan taktik demi meraih hasil maksimal pada pertandingan.

○○○○

Sumber : bola.com

Pict : 📷 @pssi