Bombastikkabausirah.com – Jumat (25/06/2021)

Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) Sudjarno mengatakan bahwa format kompetisi Liga 2 Indonesia musim 2021 masih terus didiskusikan.

Kepada para pewarta di Kantor PT LIB, Jakarta, Kamis (17/6) minggu lalu, Sudjarno menyebut pembicaraan terus berlanjut demi memberikan tempat kepada usulan dari tim-tim peserta.

“Ada beberapa masukan seperti melaksanakannya dengan format dua wilayah, tiga grup dan empat grup. Jadi kami berusaha mencari jalan tengah,” ujar pria berusia 59 tahun itu.

Salah satu terobosan yang mungkin saja diterapkan, Sudjarno melanjutkan, adalah dengan membuat fase playoff untuk tim degradasi.

Namun, purnawirawan Polri berpangkat akhir Inspektur Jenderal Polisi tersebut mengisyaratkan bahwa sistem turnamen dengan penyisihan grup tidak akan diubah.

“Penentuan tuan rumah terpilih akan dilakukan lewat drawing yang akan disaksikan secara langsung oleh semua peserta,” tutur Sudjarno.

Berdasarkan pernyataan Direktur Operasional PT LIB tersebut, bahwa sistem turnamen dengan penyisihan grup tidak akan diubah. Artijya manager Semen Padang FC, Effendy Syahputra siap-siap gigit jari.

Sebab hal ini bertentangan dengan pendapat manager Semen Padang FC dan beberapa manajer lain yang menyatakan bahwa ia tidak menginginkan Liga 2 Indonesia 2021 dibagi kedalam beberapa grup.

Yang diinginlan Effendi Syahputra adalah kompetisi dua wilayah. Format ini dinilainya sudah pas, selain menambah intensitas pertandingan bagi klub. Kompetisi dua wilayah juga akan memberi jam terbang bagi pemain-pemain muda.

Bahkan manager sekaligus Direktur Operaional klub berjuluk Kabau Sirah tersebut pernah berujar jika format dengan sistem grup, tak ubahnya Liga 2 Indonesia 2021 seperti turnamen ‘Tarkam’ (antar kampung).

“Intinya kita konsisten sejak awal kompetisi liga 2 harus profesional, dengan sistem wilayah Barat dan Timur seperti biasanya. Ini murni untuk menaikkan value Liga 2 itu sendiri, agar kompetisi Liga 2 tidak seperti turnamen antar kampung atau 17 Agustusan dengan sistem turnamen,” ujar Effendy Syahputra.

○○○○

Sumber : antaranews.com

Pict : 📷 @semenpadangfcid