Bombastikkabausirah.com – Senin (14/06/2021)

Effendi Syahputra, manager Semen Padang FC kembali bersuara terkait format yang akan digunakan di kompetisi Liga 2 Indonesia 2021. Sedari awal, manager klub berjuluk Kabau Sirah tersebut sudah tidak setuju jika kompetisi Liga 2 Indonesia 2021 dibagi kedalam empat grup.

Menurut Effendi, format Liga 2 Indonesia 2021 harus dikembalikan ke format awal yakni, dibagi kedalam dua wilayah dan dijalani dengan kompetisi penuh seperti musim-musim sebelumnya. Jika hal ini tidak dilakukan PSSI, Effendi menilai kalau Liga 2 Indonesia 2021 sama saja dengan Tarkam (pertandingan antar kampung ; red).

“(Jika Liga 2 dibagi kedalam empat grup) ini akan seperti Tarkam. Harusnya format kompetisi seperti biasa dan tim menjalani musim yang panjang. Ini kan tidak elok, kita harap PSSI berpikir logis karena sponsor juga ingin tim bermain dikompetisi penuh,” ujarnya kepada awak media seperti yang kami kutip dari jawapos.com.

“Dengan kompetisi yang panjang, ada kesempatan bagi pemain muda untuk menunjukan kualitas. Kalau sistem empat grup tak ada kesempatan untuk pemain muda. Karena klub didesak untuk meraih poin disetiap laga,” pungkasnya.

Sebelumnya PSSI menggelar kongres tahunan di Hotel Raffles, Jakarta (29/5), yang diikuti 87 voters menjadi peserta pada Kongres Tahunan PSSI 2021.

Beberapa poin-poin krusial yang dihasilkan dalam kongres untuk penyelenggaraan Liga 2 Indonesia 2021. Salah satunya kepastian liga yang sudah mendapatkan izin bergulir dengan sistem promosi dan degradasi.

Selain itu format Liga 2 Indonesia 2021 sendiri akan dibagi menjadi 4 grup yang berisi 6 tim yang nantinya dua tim teratas akan melaju ke babak selanjutnya babak 8 besar. Di babak 8 besar nanti akan kembali dibagi menjadi dua grup yang kembali dibagi menjadi 2 Grup.

Kemudian untuk juara dan runner-up masing-masing grup akan bertemu silang di semifinal dengan sistem single match, pemenangnya akan bertemu di final dan dipastikan promosi ke Liga 1.

○○○○

Tim bombastikkabausirah.com

Pict : 📷 @semenpadangfcid