Bombastikkabausirah.com – (Selasa, 05/01/2021)

Elkan Baggott telah memasuki 6 bulan terakhir masa kontraknya di Ipswich Town. Kontrak bek 18 tahun itu akan berakhir pada 30 Juni 2021.

Menurut aturan bosman, Elkan pun bisa bernegosiasi dengan klub lain per 1 Januari 2021 , dan hengkang secara gratis di akhir musim bila tak mendapat perpanjangan dari Ipswich.

Dikutip dari Risingballers, beberapa klub tengah memantau situasi kontrak Elkan Baggott. Termasuk 3 di antaranya adalah klub Premier League yakni Manchester United West Ham dan Everton.

Bila Elkan tak memperpanjang kontrak baru di Ipswich Town, maka ketiga klub di atas diyakini bisa jadi pelabuhan baru bek berpostur 195 cm itu. Dari pantauan kami di kolom komentar akun instagram Risingballers, banyak yang mendukung agar Elkan Baggott bertahan di Ipswich Town.

Para warganet meyakini jika kesempatan Elkan Baggott bermain di tim utama akan lebih besar jika ia memilih bertahan di Ipswich Town. Hal ini senada dengan pernyataan pelatih Ipswich Town, Paul Lambert yang pernah membuka peluang untuk memasukkan Baggott ke tim utama.

“Saya melihat anak-anak ini bermain. Para pemain muda benar-benar mengalihkan pandangan saya untuk melihat mereka bermain,” ujar Paul Lambert dilansir dari East Anglian Daily Times pada awal Desember 2020 lalu.

“Liam Gibbs fantastis, Elkan Baggott luar biasa. Saya menyaksikan pemain ini di FA Youth Cup,” ujarnya.

“Level permainan bagi sebagian dari mereka terlalu mudah. Kami harus menaikkan mereka (ke tim utama),” tambahnya.

Selain banyak komentar yang mendukung Elkan bertahan, banyak pula yang meminta Elkan bergabung dengan West Ham. Hal ini dikarenakan klub asuhan David Moyes itu adalah tim yang diyakini akan memberi menit bermain untuk para pemain muda di tim utama.

Salah satu yang berkomentar adalah pemain FC Porto, Benecio Baker-Boaitley. Pemain asal Inggris itu menyarankan agar gabung West Ham, mengingat dirinya juga merupakan mantan pemain dari akademi The Hammers.

Selama dua musim terakhir, Elkan Baggott menjelma jadi sensasi untuk Ipswich Town. Awalnya, Elkan hanya bermain untuk tim Ipswich Town U-18. Namun secara perlahan Elkan mampu menembus tim U-23 dan senior.

Debut senior Elkan terjadi pada 6 Oktober 2020, saat Ipswich menghadapi Gllingham FC di ajang EFL trophy. Elkan bermain 90 menit dan mampu membawa menang timnya 2-0.

Sensasi Elkan Baggott berlanjut saat bergabung Timnas Indonesia U-19 selama di Kroasia pada Oktober 2020.

Media Inggris, The Sun pun turut menyoroti popularitas sang pemain, khususnya untuk media sosial instagram. Menurut The Sun, dari sebelas pemain yang menjadi starting eleven, sepuluh diantaranya jika digabungkan pengikut instagramnya, masih unggul Elkan Baggott.

Bahkan pemain Bintang Ipswich Town, James Norwood hanya memiliki 18.000 pengikut saja. Saat ini Elkan Baggott masuk ke dalam 30 nama pemain Timnas Indonesia yang bakal menjalani TC lanjutan pada Januari 2021. Namun belum diketahui pasti apakah Elkan bisa menyusul David Maulana dkk ke Spanyol.

○○○○

Sumber : dari berbagai media

Pict : 📷 google.com