Bombastikkabausirah.com – Rabu (02/06/2021)

Kongres tahunan PSSI 2021 baru saja usai, format kompetisi dan berbagai macam regulasi untuk Liga 1 dan Liga 2 Indonesia 2021 secara garis besar telah dibahas dan dipaparkan disana. Hanya detail masalah kompetisi (khususnya Liga 2 Indonesia 2021) yang akan ditentukan saat manager meeting nanti.

Izin keramaian yang menjadi kunci untuk pelaksaaan kompetisi di Tanah Air, baik Liga 1 maupun Liga 2 Indonesia 2021 pun telah diterbitkan pihak berwenang yakni, pihak kepolisian walau dengan berbagai macam syarat. Hal ini karena masih belum meredanya pandemi COVID-19 di Tanah Air.

Sebagian besar tim kontestan Liga 1 dan Liga 2 Indonesia 2021 telah mulai mempersiapkan tim sejak jauh-jauh hari. Termasuk tim kebanggaan masyarakat Ranah Minang, Semen Padang FC.

Hanya saja disaat persiapan tim berjuluk Kabau Sirah tersebut, pihak manajemen tim belum juga mengumumkan ke publik siapa yang akan menakhodai skuad Semen Padang FC untuk mengarungi kompetisi Liga 2 Indonesia 2021.

Yang mana kompetisi kasta kedua nasional tersebut dijadwalkan akan mentas dua pekan setelah Liga 1 Indonesia 2021 bergulir 10 Juli 2021. Padahal saat itu manajemen Semen Padang FC telah memastikan mengikat 24 pemain dari 25 yang dijanjikan.

Alhirnya tepat hari Selasa (1/6), pihak manajemen Semen Padang FC mengumumkan Weliansyah sebagai pelatih tim Urang Awak tersebut via Instagram resmi Semen Padang FC, @semenpadangfcid. Lewat akun Instagram tersebut selain mengumumkan pelatih kepala, manjemen juga mengumumkan jajaran pelatih lainnya.

Weliansyah sebagai pelatih kepala akan didampingi beberapa asisten pelatih yaitu, Hendra Susilo dan Hengki Adiles. Zulkarnain Zakaria sebagai pelatih kiper dan Yayan Setiawan sebagai pelatih fisik. Selain nama terakhir, semua yang ditunjuk manajemen adalah wajah lama di Semen Padang FC, baik sebagai pemain maupun di tim kepelatihan.

Hal inilah yang menjadi alasan kuat pihak manajemen menunjuk tim pelatih ini. Apalagi Weliansyah yang juga merupakan karyawan PT Semen Padang, sudah menghabiskan seluruh karirnya di pabrik semen tertua di Indonesia tersebut. Hal itu disampikan langsung oleh manager tim, Effendi Syahputra.

“Manajemen menilai Weliansyah adalah sosok yang kental dan mengenal betul filosofi sepakbola Kabau Sorah , sehingga tidak sulit buat beliau menerjamahkannya kepada para anggota tim,” ujar Effendi dilaman resmi Semen Padang FC.

“Beliau juga sosok legenda hidup di Semen Padang FC. Dedikasi dan loyalitas yang luar biasa selama hidup baik bermain maupun jadi pelatih dihabiskan berkiprah di tim kebanggaan Ranah Minang,” sambung Effendi yang juga merupakan Direktur Operasional tim.

Selain itu, menurut Effendi, manajemen menilai secara syarat untuk menukangi tim dan kualitas, Weliansyah sudah memenuhi. Dan penunjukan ini juga menjadi bukti bahwa manajemen tetap memprioritaskan putra daerah asli Ranah Minang yang sudah diketahui seluruh Indonesia memiliki pelatih-pelatih hebat.

“Secara kualifikasi Weliansyah juga sudah kenyang pengalaman melatih, baik tim junior Seman Padang FC, tim senior bahkan sampai di level tim nasional junior. Beliau juga memiliki sertifikasi kepelatihan A AFC yang juga menjadi satu nilai tambah pemilihan beliau,” sambungnya.

“Sebagai tim kebanggaan orang Minangkabau tentu manejemen ingin memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada putra daerah untuk muncul, tumbuh dan berkembang bersama tim ini,” lanjut Effendi.

“Selain memproduksi begitu banyak pemain Semen Padang FC juga adalah salah satu klub kawah candradimuka penghasil pelatih-pelatih top nasional saat ini. Weliansyah kita siapkan untuk menjadi produk terbaru pelatih top Tanah Air kedepannya,” tambahnya.

Setelah memberi kepercayaan sebagai pelatih kepala, Manajemen tim Semen Padang FC juga memberikan keleluasaan kepada Weliansyah untuk membangun tim Semen Padang FC dari awal untuk mampu meraih prestasi di Liga 2 Indonesia 2021 nanti.

“Kita tahu setelah sekian lama bergelut sebagai asisten pelatih, Weliansyah layak di coba dan di jajal menjadi head coach yang memang benar-benar menukangi klub ini sejak awal. Memilih dan menerapkan pemain pilihannya sendiri dan juga bukan meneruskan pekerjaan dari pelatih sebelum nya,” sebut Effendi.

“Kita berharap Weliansyah mampu membawa tim SPFC berprestasi. Manajemen juga berharap dukungan seluruh pihak, suporter, pecinta Kabau Sirah dimana pun berada untuk memberikan dukungan penuh kepada tim dan Weliansyah,” tutupnya.

○○○○

Tim bombastikkabausirah.com

Pict : 📷 @semenpadangfcid