Bombastikkabausirah.com – (Senin, 26/10/2020)

Polemik masalah naturalisasi pemain Korea Selatan eks Semen Padang FC dan Sriwijaya FC, Yu Hyun-koo, kembali mencuat.

Hal ini disebabkan rumor yang beredar, bahwasanya gelandang tangguh yang telah malang melintang di persepakbolaan nasional tersebut akan direkrut oleh klub asal Sumatera Selatan, Muba United.

Nah syarat untuk merekrut Hyun-koo, harus dinaturalisasi. Sebab kompetisi kasta kedua nasional tidak mengizinkan menggunakan jasa pemain asing.

Namun hal itu sepertinya akan menemui jalan buntu, sebab pihak manajemen Semen Padang FC sudah pernah mencoba untuk menaturalisai Hyun-koo. Namun niat tersebut tak mendapat restu dari Menpora.

Oleh karena itu manajemen Semen Padang FC lebih memilih memaksimalkan potensi yang ada, terlebih manajemen menilai banyak bibit muda potensial yang dimiliki Sumatera Barat untuk dikembangkan.

Hal itu diungkapkan oleh manager Semen Padang FC, Effendi Syahputra kepada beberapa media lokal Sumatera Barat beberapa waktu yang lalu.

“Kita hakikatnya bantu. Tapi kalau gak bisa, kita juga tidak akan memaksakan. Saya kira sulit untuk naturalisasi saat ini. Bola bukan dikita karena kita bantu untuk rekomendasikan. Tapi yang mengurus kan bukan kita. Ada agen khusus yang mengurusnya,” ungkap Effendi Syahputra kepada rakyatsumbar.id.

“Saya anggap tak menjadi prioritas utama saat ini buat klub. Banyak kebutuhan lain yang perlu dibenahi untuk klub. Saya pikir sulit untuk naturalisai saat ini. Saya sudah dapat info valid soal itu, kalau klub lain mau mencoba ya silahkan, ujar Effendi Syahputra kepada langgam.id.

“Semen Padang FC besar dan terus berjalan, tidak hanya itu karena satu pemain atau satu person tertentu di klub. Klub ini harus terus berjalan secara kolektif. Karena tidak ada satu pun person yang lebih besar daripada klub,” lanjutnya kepada langgam.id.

○○○○

Tim bombastikkabausirah.com

Pict : 📷 @semenpadangfcid