Bombastikkabausirah.com – Rabu (09/06/2021)

Mantan wasit terbaik Vietnam bernama Duong Manh Hung membongkar kejanggalan dalam proses gol pertama pasukan Park Hang-seo ke gawang Timnas Indonesia.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia baru saja dihajar Vietnam dengan skor telak 0-4 dalam pertandingan lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada Senin (7/6) malam WIB lalu.

Sempat imbang 0-0 pada babak pertama, akhirnya gawang Timnas Indonesia harus rela kebobolan pada menit ke-51 oleh gol dari Nguyen Tien Linh.

Akan tetapi, gol itu dianggap kontoversial karena bola sempat mengenai tangan dari striker Vietnam tersebut. Duong Manh Hung yang pernah meraih penghargaan peluit emas atau wasit terbaik Vietnam 2006 itu mengakui kalau seharusnya gol itu tidak di sahkan.

“Saya menganalisanya begini. Ketika Linh menendang, sepakan pertama mengenai pemain lawan, kemudian bola memantul dan mengenai tangannya. Itu bisa dilihat semua orang,” ujar Duong Manh Hung dilansir dari thethao247.

“Setelah bola tersentuh tangannya, Linh mencetak gol untuk Vietnam. Dalam situasi ini, wasit harusnya meniup peluit. Pasalnya, ketika bola memantul, Linh mengayunkan tangannya sepenuhnya, dia menyentuhnya terlalu jelas, kita harus mengakui itu,” tambah mantan wasit terbaik Vietnam itu.

“Meskipun tidak disengaja, bola mengenai tangannya di ayunan tangannya dan tepat setelah itu dia mencetak gol. Dengan demikian, wasit terpaksa melakukan kesalahan,” dia menjelaskan.

“Jika ada VAR, itu akan berbeda. Wasit dalam situasi ini tidak menanganinya untuk mengamati tepat waktu, jadi dia melakukan kesalahan,” tuturnya menambahkan.

Sementara itu, kekalahan telak 0-4 dari Vietnam membuat Timnas Indonesia semakin merana di dasar klasemen Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022. Pasukan Shin Tae-yong hanya mengoleksi satu poin dari hasil imbang 2-2 dengan Thailand.

Meski timnas Indonesia menelan kekalahan telak 0-4 dari Vietnam, Shin Tae-yong tetap berbesar hati. Dirinya memahami kekuatan Vietnam yang sudah bersama dan solid selama beberapa tahun terakhir.

“Para pemain sudah bekerja keras, saya juga mengucapkan selamat kepada pelatih Vietnam,” ujar Shin Tae-yong dilansir dari laman resmi PSSI.

“Bermain agresif sebenarnya bukan taktik saya, tapi ada beberapa pemain yang pernah mentas di SEA Games 2019, jadi kemauan mereka memang tinggi sekali, akhirnya sampai bertarung seperti itu,” ucapnya menambahkan sekaligus mengakhiri.

○○○○

Sumber : indosport.com

Pict : 📷 google.com