Bombastikkabausirah.com – Minggu (04/07/2021)

Keputusan klub Liga Polandia, Lechia Gdansk melepas gelandang serang asal Indonesia, Egy Maulana Vikri, mendapat perhatian media dalam negeri Polandia, Lechia.net.

Dalam ulasannya, media tersebut menyatakan kedatangan Egy Maulana Vikri cuma menghasilkan sukses di satu sisi bagi popularitas klub, namun nol besar soal sumbangsih prestasi.

Diketahui, Lechia Gdansk, baru saja resmi melepas Egy dengan status bebas transfer. Lechia resmi melepas Egy setelah kontrak sang pemain berakhir pada 30 Juni lalu. Dilansir dari laman resmi Lechia, Egy tidak mendapat perpanjangan kontrak.

“Kami menginformasikan bahwa Egy Maulana Vikri tidak akan membela Lechia Gdansk mulai musim depan,” tulis pernyataan resmi klub melalui laman resminya.

Perpisahan tersebut mengakhiri kebersamaan Egy dan Lechia yang telah tiga tahun terjalin. Egy tercatat bergabung dengan Lechia pada Maret 2018, ketika usianya masih belum genap 18 tahun.

Dilansir dari Lechia.net, keberadaan Egy di Lechia Gdansk dinilai menjadi pertanyaan besar. Kedatangan Egy dianggap hanya berorientasi pada pemasaran klub, terutama melalui media sosial.

“Keberhasilannya hanya dari sisi pemasaran, seperti ketertarikan ke Lechia, bahkan untuk media sosial yang meningkat signifikan. Namun, dari perspektif olahraga murni, kami katakan gagal total,” tulis Lechia.net.

Media Polandia itu mengungkit kembali tujuan awal Egy direkrut, sebagaimana pernah diterbitkan saat kedatangan Egy, yakni sebagai alat popularisasi Lechia secara bisnis.

Penilaian tersebut muncul tidak lepas dari perubahan signifikan jumlah pengikut akun Instagram resmi Lechia. Sebelum ada kabar mengenai Egy, akun Instagram Lechia hanya diikuti oleh sekitar 23 ribu pengikut.

Setelah mulai dikaitkan dengan Egy, jumlah pengikut tersebut langsung meroket menjadi 43 ribu dan selalu mengalami peningkatan. Sebelum ada kabar mengenai tidak adanya kontrak baru bagi Egy, jumlah pengikut akun Instagram Lechia masih sekitar 305 ribu.

Hal yang menjadi permasalahan, keberadaan Egy di Lechia Gdansk mendapat nilai nol besar dari laman Lechia.net. Selama tiga tahun, Egy hanya tampil sebanyak 10 kali dan sama sekali tidak mencetak gol maupun assist membela Lechia di Liga Polandia.

Catatan tersebut tentu sangat jauh dari harapan, terlebih lagi Egy merupakan salah satu pemain bintang Timnasa Indonesia. Hingga saat ini, masih belum ada kepastian mengenai di klub mana Egy akan berlabuh pada bursa transfer kali ini.

Meski demikian, para pecinta sepak bola Indonesia tampak sangat berharap Egy tetap bermain di Eropa agar bisa mengembangkan potensinya.

○○○○

Sumber : superball.id

Pict : 📷 @egymaulanavikri