Mengenal Stadion Super Mewah Seharga 2,4 triliun Rupiah Sebagai Venue Piala AFF U-23 2022

Bombastikkabausirah.com – Jumat (04/02/2022)

Kamboja akan menjadi tuan rumah Piala AFF U-23 2022 mendatang. Tepatnya gelaran turnamen ini akan dilaksanakan dipertengahan bulan Februari 2022.

Sebagai tuan rumah, Kamboja sudah menyiapkan dua stadion mewah untuk Piala AFF U-23 2022 ini. Pertama ada Stadion Nasional Marodok Techo dan yang kedua adalah Prince Stadion.

Nah, di artikel kali ini kita akan coba bahas salah satu stadion yang akan digunakan untuk Piala AFF U-23 2022, yaitu Stadion Nasional Marodok Techo.

Stadion yang super mewah ini sejatinya dipersiapkan oleh Kamboja untuk SEA Games 2023. Tapi karena seluruh arenanya sudah selesai dan sudah diresmikan, Stadion Nasional Marodok Techo bisa digunakan untuk Piala AFF U-23 2022.

Stadion seharga 2,4 triliun rupiah tersebut merupakan bantuan dari Pemerintah China kepada Pemerintah Kamboja. Stadion yang menyerupai kapal layar tersebut melambangkan persahabatan kedua negara.

Stadion ini dirancang seperti perahu yang kedua ujungnya menyerupai haluan dan buritan kapal setinggi 98,7 meter. Desain tersebut dimaksudkan untuk menandakan hubungan China dan Kamboja.

Dimana, berdasarkan catatan sejarah ratusan tahun lalu, orang China biasa berlayar dengan kapal ke Kamboja.

Bentuk haluan juga melambangkan ‘Sampeah’ yang merupakan salam tradisional rakyat Kamboja untuk menunjukkan rasa hormat. Dalam salam itu, seseorang menempelkan telapak tangan di depan dada dan membungkuk.

Kemudian, di sekeliling stadion lima lantai ini terdapat parit lebar dengan air mancur yang dimaksudkan sebagai penghormatan kepada candi yang terkenal dan menjadi maskot Kamboja, Angkor Wat. Candi itu memiliki luas 500 hektar, ikonik, dan populer ke seluruh penjuru dunia.

Bangunan tersebut dapat menampung 75 ribu orang dan dilengkapi dengan lapangan sepakbola berstandar internasional, kolam renang ukuran Olimpiade, serta lintasan lari.

Stadion ini juga memiliki ruang pemanasan, gym dalam ruangan, dan pusat olahraga air. Meski akan fokus pada sepakbola dan atletik, stadion juga dapat digunakan untuk cabang olahraga lain seperti kriket, bola basket, hingga bulu tangkis.

Adapun keunggulan dari Morodok Techo Stadium ini yakni memiliki konsep atap berbahan membran yang dapat disesuaikan dengan model bentuk konsep stadion berbentuk kapal haluan.

Selain itu single seat pun juga di konsep elegan dengan menggunakan jenis cursive perubahan komposisi yang kuat.

Warna kursi yang dipilih pun dinilai sangat padu dengan fisik Stadion Morodok Techo Stadium yaitu menggunakan dominan varian warna biru sebagian berwarna putih merah dan abu-abu yang membentuk pola gradasi acak.

Tiap titik warna-warna tersebut termasuk dalam elemen warna dari bendera nasional Kamboja yaitu warna biru.

Selain itu lapisan terluar trek atletik sintetis yang digunakan pada Morodok Techo Stadium yakni berwarna biru yang menambah kesan elegan dan mewah pada stadion ini.

Bagian sisi luar stadion juga diaplikasikan panel untuk menambah keindahan eksterior dari stadion. Serta dikelilingi jembatan Trump menuju Concorde stadion.

Dua tiang besar yang terletak di sisi luar stadion di bagian utara dan selatan menjadi hal yang paling ikonik. Karena menggambarkan sebuah kapal yang membentangkan layarnya di samudra yang luas.

Hal itu menunjukkan bahwa kedua ujung yang besar tersebut merupakan lapak persahabatan antara Cina dan Kamboja.

Belum dikethaui berapa harga tiket pertandingan piala AFF U-23. Namun, antusiasme pendukung sepakbola tuan rumah tidak bisa diragukan.

○○○○

Sumber : sindonews.com

Pict : 📷 istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *