Meraba Line-up Timnas U-23 Di Piala AFF Tanpa Pemain Yang Bermain Di Luar Negeri

Bombastikkabausirah.com – Kamis (13/01/2022)

Melihat potensi susunan pemain Timnas Indonesia yang bakal tampil di gelaran Piala AFF U-23 bulan Februari 2021 mendatang. Wonderkid Ronaldo Kwateh akan jadi tumpuan skuat Garuda!

Seperti diketahui sebelumnya, bahwa Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan meminta pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong untuk segera menyiapkan tim yang akan tampil di Piala AFF U-23 yang diselenggarakan pada 14-26 Februari 2022 di Kamboja.

Pasalnya, Timnas Indonesia diminta harus bisa mempertahankan gelar juara setelah pada edisi Piala AFF U-23 2019 skuat Garuda berhasil mengalahkan Thailand di partai final dengan skor 2-1.

Untuk Piala AFF U-23 2022, Timnas Indonesia akan bersaing dengan 10 negara lain di kawasan Asia Tenggara.

Timnas Indonesia akan mengawali kiprahnya dari babak penyisihan Grup B, dan bersaing dengan sejumlah lawan berat seperti Malaysia, Myanmar, dan Laos.

Untuk melakoni Piala AFF U-23 2022 nanti, pelatih Shin Tae-yong sempat menyatakan bakal kembali memanggil para pemain muda U-20 yang sudah tampil di Piala AFF 2020 di Singapura.

Akan tetapi, pelatih asal Korea Selatan tersebut memberikan pengecualian untuk pemain-pemain yang merumput di luar negeri.

Sehingga pada gelaran Piala AFF U-23 nanti, sejumlah nama bintang seperti Asnawi Mangkualam, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri serta Elkan Baggott dipastikan bakal absen.

Meski begitu, sepanjang pergelaran BRI Liga 1 Indonesia 2021-2022 serta pemusatan latihan Timnas Indonesia U-18 di Turki bulan November lalu, terdapat sejumlah pemain muda yang tampil bersinar dan mungkin layak mengisi pos line-up Timnas Indonesia U-23.

Lantas siapa sajakah mereka? Mari kita coba meraba dan memperkirakan line-up Timnas Indonesia yang akan diturunkan Shin Tae-yong saat Piala AFF U-23 2022 di Kamboja nanti.

Penjaga Gawang

Pada posisi paling belakang alias penjaga gawang, Timnas Indonesia memiliki sejumlah nama potensial seperti Muhammad Riyandi (Barito Putera), Andika Ramadani (Persebaya) serta Ernando Ari (Persebaya).

Namun jika dilihat dari performa serta jam terbang bersama Timnas Indonesia, tampaknya Ernando Ari layak jadi pilihan utama untuk mengawal gawang skuat Merah-Putih.

Masih berusia 19 tahun, Ernando Ari sudah tampil sebanyak sembilan pertandingan buat Persebaya musim ini dan mencatatkan empat kali clean sheets.

Sementara untuk level timnas, tercatat jika Ernando Ari sudah bermain sejak di kategori U-16, U-19, U-23 bahkan Timnas Senior pada gelaran Piala AFF 2020 kemarin.

Belakang

Sementara itu barisan pertahanan, Timnas Indonesia juga punya banyak sekali opsi termasuk para pemain jebolan Piala AFF 2020 yang dipastikan bakal jadi pilihan utama.

Para eks Piala AFF 2020 yang berpotensi jadi starter adalah Pratama Arhan, Alfeandra Dewangga serta Rizky Ridho.

Ketiga pemain tersebut memang merupakan tumpuan pertahanan Timnas Indonesia sepanjang gelaran Piala AFF 2020, bahkan Alfeandra Dewangga tak pernah sekalipun absen membela skuat Garuda mulai dari penyisihan grup hingga dua kali babak final.

Satu bek tambahan yang bakal melengkapi kuartet pertahanan Timnas Indonesia U-23 tampaknya bisa ditempati oleh Bagas Kaffa.

Wingback dari Barito Putera tersebut memang tampil cukup impresif sepanjang gelaran BRI Liga 1 Indonesia 2021. Meski masih berusia 19 tahun, namun Bagas Kaffa mampu jadi pilihan utama dan catatkan waktu bermain hingga 1413 menit.

Selain itu, Bagas Kaffa juga berhasil menorehkan masing-masing satu gol serta satu assists buat Barito Putera di ajang BRI Liga 1 Indonesia 2021-2022.

Gelandang

Di posisi gelandang, satu nama jebolan Piala AFF 2020 yang masih bisa bermain di level U-23 adalah Rachmat Irianto. Defensive midfielder milik Persebaya ini memang jadi pilihan utama Shin Tae-yong untuk meredam agresivitas serangan tim lawan.

Sebagai tandem, Rachmat Irianto tampaknya bakal ditemani Luthfi Kamal yang juga memiliki catatan bermain cukup impresif bersama Barito Putera di BRI Liga 1 Indonesia 2021-2022.

Bermain sebagai gelandang bertahan, Luthfi Kamal tercatat hanya sekali absen yakni pada pekan ke-14 dan itupun akibat akumulasi kartu kuning. Ini menandakan, bahwa Luthfi Kamal merupakan pilar penting Laskar Antasari.

Sedangkan untuk pos gelandang serang, nama Marselino Ferdinan yang jadi buah bibir usai bermain gemilang bersama Persebaya sangat cocok jadi pilihan utama.

Meski masih berusia 17 tahun, namun Marselino Ferdinan sudah bermain sebanyak 13 pertandingan dan mencetak tiga gol serta memberikan lima assists buat Persebaya musim ini.

Penyerang

Terakhir untuk posisi penyerang, ada tiga nama yang mungkin cocok yakni Ricky Pratama, Ronaldo Kwateh serta Ramai Rumakiek. Pasalnya, ketiga nama tersebut punya jam terbang cukup banyak bersama Timnas Indonesia arahan Shin Tae-yong.

Selain Ramai Rumakiek yang memang sudah naik kelas ke tim senior, Ricky Pratama dan Ronaldo Kwateh tercatat merupakan tumpuan Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia U-18.

Dua pemain tersebut sempat dipanggil Shin Tae-yong saat Timnas U-18 melakoni pemusatan latihan di Turki bulan November lalu. Hasilnya, baik Ricky Pratama atau Ronaldo Kwateh sama-sama sukses mencetak dua gol dari tiga pertandingan persahabatan di Turki.

Berikut perkiraan line-up Timnas Indonesia di Piala AFF U-23 2022 di Kamboja.

Formasi : (4-3-3)

Penjaga Gawang

Ernando Ari

Belakang

Bagus Kaffa, Risky Ridho, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan

Gelandang

Luthfi Kamal, Rahmat Irianto, Marselino Ferdinan

Penyerang

Ramai Rumakiek, Ronaldo Kwateh, Ricky Pratama

○○○○

Sumber : indosport.com

Pict : ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *