Bombastikkabausirah.com – Jumat (18/06/2021)

Timnas Vietnam menutup kiprah di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan buruk. Tim asuhan Park Hang-seo dipaksa bertekuk lutut 2-3 oleh Uni Emirat Arab (UEA) di Stadion Zabeel, Selasa (15/6) tengah malam WIB. Mereka bahkan sempat tertinggal 0-3 terlebih dahulu.

Meskipun demikian, Que Ngoc Hai cs. tetap medapatkan bonus berlimpah. Seperti dilaporkan Zing News, Timnas Vietnam diguyur bonus 3 miliar dong (sekitar Rp1,86 miliar). Bonus itu berasal dari Asosiasi Sepak Bola Vietnam (VFF) dan salah satu sponsor, Kelompok Usaha Hung Thinh.

Bonus tersebut tak terlepas dari kesuksesan Timnas Vietnam melangkah ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. The Golden Star Warriors termasuk dalam 5 runner-up terbaik yang berhak lolos ke babak tersebut dan berpeluang merebut tiket ke Piala Dunia 2022 di Qatar.

Bila ditotal, selama berkiprah di UEA, tim asuhan Park Hang-seo mendulang bonus 8 miliar dong (sekitar Rp5 miliar). Sebelumnya, mereka mendulang 5 miliar dong dari dua laga. Rinciannya, 2 miliar dong didapatkan setelah menggasak timnas Indonesia 4-0 dan 3 miliar dong berkat kemenangan 2-1 atas Malaysia.

Bonus besar yang diguyurkan kepada Timnas Vietnam itu selain dari VFF dan sponsor juga berasal dari pemerintah. Itu merupakan bentuk dukungan bagi Que Ngoc Hai dkk. dalam merealisasikan target mencetak sejarah baru dengan lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Guyuran bonus hampir Rp5 miliar tersebut juga sangat pantas diberikan kepada Timnas Vietnam. Bukan apa-apa, mereka mampu mengguratkan rekor baru dengan meraih 17 poin dari 8 laga di Grup G. Itu adalah raihan tertinggi tim asal Asia Tenggara di kancah Kualifikasi Piala Dunia. Sebelumnya, rekor dipegang Thailand dengan 16 poin pada Kualifikasi Piala Dunia 2002.

Kini, setelah lolos ke putaran akhir Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia, Timnas Vietnam membidik catatan sejarah lainnya, yakni lolos ke Qatar 2022. Tentu saja, itu tak akan mudah. Mereka harus berjibaku dengan tim-tim kuat Asia yang lebih berpengalaman dan berprestasi.

Pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia nanti, Timnas Vietnam pun tercatat sebagai tim dengan peringkat FIFA terbawah. Berdasarkan peringkat yang dirilis pada Mei lalu, The Golden Star Warriors berada di posisi ke-92. Itu membuat mereka berada di pot 6 pada pembagian grup babak akhir kualifikasi tersebut.

○○○○

Sumber : football5star.com

Pict : 📷 @vietnam_vff