Bombastikkabausirah.com – Minggu (11/07/2021)

Pemain keturunan Indonesia yang bermain di Belgia blak-blakan menanti langkah serius dari PSSI untuk bisa membela Timnas Indonesia. Saat ini Walsh merumput bersama salah satu klub peserta Liga Utama Belgia, KV Mechelen.

Walsh baru satu musim membela Mechelen, yakni pada musim 2020-2021, dengan mencatatkan 17 kali penampilan dan 3 gol di Liga Belgia itu. Sebelumnya, ia memiliki rekam jejak yang cukup apik ketika membela KRC Genk pada 2011-2017 dan SV Zulte Waregem pada 2017-2020 yang juga klub kasta tertinggi Liga Belgia.

Meski rekam jejaknya di level klub cukup baik, Walsh hingga kini masih belum mencatatkan satupun caps internasional di tingkat timnas senior. Sebelumnya, pemain yang kini berusia 26 tahun itu pernah membela Timnas Belanda di tingkat usia U-15 hingga U-20.

Namun, hingga kini, ia belum mendapat kesempatan untuk mencicipi timnas senior. Walsh pun memiliki kesempatan untuk membela sejumlah negara, yakni Belanda, Belgia, Inggris, Irlandia, dan Indonesia. Bahkan Walsh mengaku dirinya juga berpeluang membela Swiss.

“Jika kami melangkah sangat jauh dalam silsilah keluarga, saya juga bisa bermain untuk Swiss,” ujar Walsh dalam wawancaranya dengan Voetbalzone.

Akan tetapi, saat ini, ada dua negara yang realistis bisa dibela oleh Walsh. Dua negara itu adalah Irlandia dan Indonesia. Setelah mempertimbangkan, Walsh merasa lebih mungkin untuk membela Timnas Indonesia ketimbang Irlandia. Terlebih lagi, Walsh memiliki kedekatan dengan Indonesia yang rasa cintanya diturunkan dari sang kakek.

“Saya merasa lebih sayang dengan Indonesia dari pada dengan Irlandia. Saya mengunjungi (Indonesia) beberapa kali dan mengetahuinya sedikit,” imbuh Walsh.

Walsh pun blak-blakan saat ini sudah ada kontak dengan pihak federasi sepak bola Indonesia, PSSI, mengenai wacana naturalisasi. Ia kini sedang menantikan langkah konkret yang diambil oleh PSSI mengenai nasibnya.

“Ada kontak dengan Indonesia dan saya mencoba untuk berada di sana setiap pertandingan internasional berikutnya. Itulah yang saya tunggu, mereka tahu saya ingin berada di sana (Indonesia),” tambah Walsh.

PSSI juga tidak menutup peluang untuk pemain naturalisasi membela Timnas Indonesia. Sekjen PSSI, Yunus Nusi, mengungkapkan bahwa rencana naturalisasi kini berada di tangan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

“PSSI akan menunggu rekomendasi dari Shin Tae-yong siapa saja pemain yang akan dinaturalisasi,” ungkap Yunus beberapa waktu lalu.

○○○○

Sumber : superball.id

Pict : 📷 @sandywalsh