Bombastikkabausirah.com – (Kamis, 08/04/2021)

Final Turnamen Sepakbola Forum Organisasi Kemasyarakatan Anti Narkoba (FOKAN) Sumatera Barat (Sumbar) Cup I U-23 tahun 2021 di Lapangan Cengkeh, Kota Padang, Rabu (7/4), antara kesebelasan Janse FC melawan Tuah Basamo Pasbar berlangsung sengit.

Dari awal pertandingan kedua tim, baik Janse FC maupun Tuah Basamo Pasbar sudah bermain terbuka. Saling jual beli serangan dengan intensitas yang tinggi tersaji dilaga final ini. Beberapa serangan cepat dari kedua kesebelasan menghasilkan peluang yang nyaris berbuah gol.

Babak Pertama (I)

Janse FC yang dimotori sang kapten, Ferdian Yusril, yang ditopang Firman Juliansyah dan Dadang Kurnia sedikit lebih menguasai pertandingan. Beberapa kali serangan memanfaatkan lebar lapangan via overlapping dan umpan crossing Aldi Dahlan memberi ancaman didepan gawang Tuah Basamo Pasabar, beruntung duet tembok tangguh dari Tuah Basamo Pasbar, Galuh Tanjung dan Almujahiddin berhasil mementahkan semua serangan Janse FC.

Sedangkan Tuah Basamo Pasbar lebih mengandalkan permainan directball via umpan-umpan panjang nan akurat dari Rifki Majid kepemain- pemain sayap Tuah Basamo Pasbar. Dua sayap, Ilham Siddiq dan ‘sikancil’ Rama Kurniawan yang memiliki kecepatan tinggi benar-benar merepotkan barisan pertahanan Janse FC. Beruntung Janse FC juga memiliki duet bek tangguh Ihksan Sabili dan Toriq.

Peluang emas didapati kedua tim dipertengahan babak pertama ini, sepakan dalam kotak penalti oleh pemain Janse FC masih membentur tiang. Sedangkan Tuah Basamo Pasbar sempat menggetarkan jala Janse FC, namun gol dianulir wasit karena pemain Tuah Basamo Pasbar yang menyambut bola rebound sudah berada dalam posisi offside.

Keasyikan menyerang membuat pertahanan Janse FC lengah, sebuah serangan balik cepat dari Tuah Basamo berhasil di konversi menjadi gol oleh Dicky Mariantino dimenit 25′. Tuah Basamo unggul 1-0. Tersentak dengan gol tersebut, membuat Janse FC semakin bernafsu untuk menyamakan kedudukan. Namun solidnya lini belakang Tuah Basamo Pasbar belum mampu ditembus oleh Janse FC. Sampai babak pertama berakhir, kedudukan tetap 1-0 untuk keunggulan Tuah Basamo Pasbar.

Babak Kedua (II)

Pada babak kedua, Janse FC langsung tampil menyerang. Berbagai upaya dilakukan untuk mengejar ketertinggalan. Lewat sepakan keras mendatar, Mahesa dari Janse FC berhasil menjebol gawang Tuah Basamo Pasbar pada menit 36′. 1-1 untuk kedua tim.

Setelah kedudukan imbang, tensi permainan agak sedikit meninggi, beberapa kali wasit harus memberi peringatan dan mendamaikan pemain yang berkonflik. Tak jarang, beberapa kartu kuning harus diberikan kepada kedua kesebelasan.

Di menit ke 46′, Janse FC melakukan pergantian dua pemain sekaligus, Aldi Dahlan yang dari awal bermain dengan intensitas tinggi diganti oleh Wildan Chusnul karena sudah mulai keteteran menghadapi gempuran pemain lawan. Satu lagi pemain yang ditarik keluar adalah Aditya digantikan oleh Wiraja.

Walau silih berganti melakukan penyerangan, kedua tim masih belum mampu menambah gol. Bahkan Janse FC harus menarik sang kapten, Ferdian Yusril keluar dan digantikan Mistahul pada menit ke 50 dan ban kapten pun berpindah ke Ihsan Sabili. Pergantian pemain dari Janse FC ini direspon oleh Tuah Basamo Pasbar dengan menarik Dicky Mariantino dan menggantinya dengan pemain yang sarat pengalaman, M. Jefri.

Masuknya M.Jeffri berhasil membuat Tuah Basamo Pasbar keluar dari tekanan. Bahkan beberapa kali, M. Jefri melepas umpan-umpan akurat yang membahayakan gawang dari Janse FC. Namun hingga peluit akhir pertandingan ditiupkan, kedua tim tetap bermain imbang 1-1 dan pertandingan dilanjutkan kebabak adu penalti.

Janse FC keluar sebagai juara setelah memenangkan babak tos-tosan tersebut, empat dari lima penendang dari Janse FC berasil menceploskan bola dan hanya satu yang gagal. Sedangkan dari Tuah Basamo Pasbar hanya dua orang penendang saja yang berhasil menceploskan bola. Berakhir babak adu penalti 4-2 untuk kemenangan Janse FC.

Dan tim asal Kota Padang tersebut keluar sebagai juara Turnamen Sepakbola FOKAN Sumbar Cup I U-23 tahun 2021.

○○○○

Tim bombastikkabausirah.com

Pict : 📷 RK Anjank