Bombastikkabausirah.com – Jumat (25/06/2021)

Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (PT LIB), Sudjarno mengatakan pihaknya telah mempersiapkan 19 stadion yang akan digunakan sebagai venue pertandingan Liga 1 Indonesia 2021.

Sebanyak 19 stadion yang akan digunakan sebagai venue Liga 1 Indonesia 2021 itu terdiri dari stadion alternatif dan untuk pertandingan. Stadion-stadion tersebut tentunya berada di Pulau Jawa, sebab Liga 1 Indonesia 2021 bakal digelar terpusat dengan memakai sistem baru yakni sistem seri.

Konsep format seri atau bubble to bubble untuk Liga 1 Indonesia 2021 ini akan sangat berbeda dengan kompetisi sebelum-sebelumnya. Sebab Liga 1 Indonesia 2021 bakal diputar dalam enam seri di tiga provinsi dengan menggunakan 19 stadion.

Sudjarno mengatakan bahwa PT LIB tengah mempersiapkan kompetisi dengan matang, salah satunya dengan penentuan stadion pertandingan. Saat ini, PT LIB telah memastikan sembilan stadion yang ada di Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat yang akan digunakan sebagai seri pertama Liga 1 Indonesia 2021.

Sembilan stadion yang akan digunakan untuk seri pertama yakni, Indomilk Arena (Tangerang), Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, Stadion Madya (Jakarta), Stadion PTIK (Jakarta), Stadion Pakansari (Kabupaten Bogor), Stadion Patriot Candrabhaga (Bekasi), Stadion Wibawa Mukti Kabupaten (Bekasi), Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Bandung, dan Stadion Si Jalak Harupat (Kabupaten Bandung).

Sembilan stadion tersebut telah dilakukan inspeksi selama sepekan terakhir dan semuanya telah dinyatakan sangat layak dan sangat siap untuk dipakai memutar kompetisi Liga 1 Indonesia 2021 untuk seri pertama.

“Dalam sepekan kami telah melakukan inspeksi ke stadion yang rencananya akan digunakan. Inspeksi ini bertahap, artinya kami melihat dan mengevaluasi stadion yang akan digunakan pada seri I Liga 1 nanti,” ujar Sudjarno dikutip dari bolasport.com, Selasa (22/6) lalu.

Seperti diketahui, venue Liga 1 Indonesia 2021 bakal digelar di tiga provinsi, sehingga apabila melakukan inspeksi ke semua stadion akan memerlukan banyak waktu. Oleh karena itu, menurutnya lebih baik dilakukan bertahap, sekaligus memantau perkembangan Covid-19 di daerah-daerah tersebut nantinya.

“Setelah seri I berjalan, kami kembali lanjut untuk melakukan inspeksi untuk stadion yang akan digunakan di seri II,” ucap Sudjarno selanjutnya.

Setelah inspeksi stadion yang akan digunakan untuk seri pertama, PT LIB tak langsung menjalani inspeksi stadion seri kedua. Menurut Sudjarno, inspeksi stadion untuk Liga 1 Indonesia 2021 akan digelar secara bertahap. Jadi inspeksi stadion pada seri kedua bakal dilakukan setelah kompetisi seri pertama telah berjalan.

Hal itu dilakukan sekaligus untuk memantau perkembangan Covid-19 di daerah juga. Selain itu, menurut Sudjarno akan sangat memerlukan waktu panjang apa bila PT LIB melakukan inspeksi langsung untuk 19 stadion yang akan digunakan sebagai venue Liga 1 Indonesia 2021.

“Total stadion yang kami persiapkan ada sekitar 18-19 stadion. Kami inspeksi semua, baik yang di-floating untuk digunakan maupun yang akan jadi alternatif,” Sudjarno menambahkan.

Stadion-stadion yang telah dipilih oleh PT LIB tentunya dengan melakukan pertimbangan-pertimbangan lain. Bahkan Sudjarno mengaku telah menyiapkan antisipasi apabila adanya larangan di daerah tertentu yang menjadi venue pertandingan.

Langkah-langkah antisipasi yang disiapkan PT LIB yakni mempersiapkan stadion alternatif disetiap daerah yang akan digunakan sebagai venue pertandingan.

“Nah, stadion-stadion ini yang juga jadi pertimbangan ketika kami mengisi jadwal ke kepolisian. Ada stadion yang di-floating sebagai tempat pertandingan, tetapi kami juga menyiapkan stadion alternatif yang disiapkan kalau nantinya ada daerah yang tidak boleh menggelar pertandingan karena zonasi covidnya tinggi,” tuturnya.

Sementara itu, untuk Liga 1 Indonesia 2021 dipastikan bakal bergulir pada Jumat, (9/7) mendatang. Laga pembuka bakal mempertemukan PSS Sleman melawan Persija Jakarta di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor.

○○○○

Sumber : bolasport.com

Pict : 📷 google.com