Bombastikkabausirah.com – Senin (07/06/2021)

Indonesia akan menantang pemuncak klasemen Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia, Vietnam, di Stadion Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab, Senin (7/6) malam ini.

Laga ini akan menjadi duel sesama pelatih asal Korea Selatan. Ya, Indonesia saat ini ditangani oleh Shin Tae-yong yang menjabat Manajer Pelatih Skuad Garuda. Di sisi lain, Vietnam kini ditangani senior Shin Tae Yong, Park Hang Seo.

Bagaimana peluang Indonesia? melihat materi pemain, Vietnam tentu lebih diuntungkan karena secara fisik pemainnya dalam kondisi lebih bugar dibandingkan Indonesia. Karena Timnas Indonesia baru bermain dalam tempo tinggi dan bekerja keras pada 3 Juni lalu melawan Thailand dan bermain imbang 2-2.

Sementara itu, Vietnam belum main di lanjutan kualifikasi Piala Dunia yang tersentral di UEA, mereka hanya menjalani uji coba lawan Jordan pada 1 Juni lalu dan bermain imbang 1-1.

Untuk itu, dengan waktu istirahat hanya tiga hari dan ada beberapa pemain yang sempat ditarik keluar setelah mengalami cedera, maka Indonesia besar kemungkinan bakal melakukan rotasi pemain.

Lini belakang mungkin menjadi titik lemah, setelah sebelumnya selalu kebobolan lebih dulu saat lawan Thailand. Beruntung, barisan penyerangan Indonesia bisa maksimal sehingga sukses menyamakan kedudukan jadi 2-2.

Rizky Ridho perlu pemain yang lebih berpengalaman sebagai tandem, atau malah dia harus ditarik untuk menjaga kekuatan tembok pertahanan. Sejatinya, ada Andy Setyo dan Ryuji Utomo, namun keduanya tak masuk line up di laga sebelumnya karena masih pemulihan cedera.

Namun demikian, selama 90 menit, barisan pertahanan tetap dipercaya oleh Shin Tae-yong dan tak ada yang diganti. Shin Tae-yong terlalu riskan apabila memaksakan pemain yang kelelahan turun, karena bisa menimbulkan cedera.

Melihat kondisi tersebut dan peluang Timnas Indonesia yang sudah tertutup di ajang kualifikasi ini, maka idealnya, pemain-pemain yang belum turun bisa dicoba untuk dimainkan. Di tengah, Syahrian Abimanyu bisa menjadi cadangan, memainkan Adam Alis dari awal. Bisa juga menurunkan Rian di tengah, sebagai gelandang bertahan.

Evan Dimas, tetap menjadi motor, namun warna baru di lini depan, dalam laga ini perlu dicoba. Untuk itu, Egy Maulana Vikri bisa dimainkan, namun Witan Sulaeman bisa dicoba digantikan dengan sosok Saddam Emiruddin Ghaffar. Dengan begitu, Kushedya yang akan berada di samping, untuk menyuplai bola ke Saddam di depan gawang.

Perkiraan susunan pemain Indonesia melawan Vietnam

Indonesia : Nadeo Argawinata (gk), Pratama Arhan, Rizky Ridho, Arif Satria, Asnawi Mangkualam; Kadek Agung, Evan Dimas, Adam Alis; Kushedya Hari Yudo, Saddam Ghaffar, Egy Maulana Vikri

Vietnam : Dang Van Lam (gk); Doan Van Hau, Que Ngoc Hai, Do Duy Manh, Vu Van Thanh; Nguyen Trang Hoang, Nguyen Quang Hai, Chao Van Trien; Phan Van Duc Nguyen Cong Phuong, Nguyen Van Toàn.

○○○○

Sumber : jpnn.com

Pict : 📷 @pssi