Perjuangan Berat Eks PPLP Sumbar, Bangkit Dari Cidera ACL, Main Di Korsel, Kini Masuk Skuad Timnas U-23

Bombastikkabausirah.com – Sabtu (05/02/2022)

Semangat pantang menyerah ditunjukkan oleh Muhammad Iqbal. Eks PPLP (Pusat Pendidikan Dan Latihan Olahraga Pelalajar) Sumatera Barat (Sumbar).

Bangkit dari cedera ACL, lalu menjajal kompetisi Liga Korea Selatan, dan kini mendapatkan panggilan ke Timnas Indonesia U-23 besutan Shin Tae-yong.

PSSI telah mengumumkan daftar 29 pemain yang dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan atau trainning center (TC) Timnas Indonesia U-23.

Dari 29 pemain yang dipanggil Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia U-23, ada nama Muhammad Iqbal.

Iqbal yang kini berusia 21 tahun merupakan pemain klub Persita Tangerang. Ia bergabung dengan Pendekar Cisadane pada bursa transfer tengah musim BRI Liga 1 Indonesia 2021-2022.

Sejauh ini, Iqbal yang berposisi sebagai pemain tengah telah membukukan tiga penampilan bersama Persita di BRI Liga 1 Indonesia 2021-2022.

Dilansir dari bolasport.com, Muhammad Iqbal adalah salah satu pemain jebolan Timnas Indonesia U-19 era Indra Sjafri.

Bersama Egy Maulana Vikri dan juga Witan Sulaeman, Iqbal menjadi bagian dari skuad Timnas Indonesia U-19 yang menempati peringkat ketiga pada Piala AFF U-19 2017.

Akan tetapi, setelah turnamen tersebut, sinar Muhammad Iqbal justru meredup. Penyebabnya, pemain kelahiran Kudu Ganting, Padang Pariaman, Sumbar itu dihantam cedera parah yaitu cedera Anterior Cruciate Ligament (ACL).

Bagi seorang pesepak bola, cedera ACL adalah momok yang menakutkan. Akibat cedera itu, Muhammad Iqbal gagal tampil membela Timnas Indonesia pada ajang Piala Asia U-19 yang dilangsungkan tahun 2018 lalu.

Namun, cedera ACL yang menghantam dirinya tak lantas memadamkan api semangat Muhammad Iqbal.

Usai pulih dari cedera, Iqbal mendapatkan kesempatan untuk mengikuti trial di klub K-League 3 alias divisi ketiga Liga Korea Selatan, Cheongju FC.

Bersama sesama pemain Indonesia lainnya yakni Dallen Doke, Iqbal menjalani trial di Cheongju FC pada Februari 2021.

Hanya saja, Dallen tak lolos setelah menjalani trial sehingga tidak dipermanenkan oleh Cheongju FC. Sementara, Iqbal mendapatkan kontrak di sana.

Menurut data Transfermarkt, Muhammad Iqbal tampil pada tiga pertandingan K-League 3 2021 bersama Cheongju FC.

Setelah enam bulan berseragam Cheongju FC, Iqbal kemudian kembali ke Tanah Air. Ia dipinang oleh klub Liga 1, Persita Tangerang, pada Desember tahun lalu.

Kini, perjuangan Muhammad Iqbal bangkit dari hantaman cedera parah membuahkan hasil manis.

Shin Tae-yong memberi kesempatan kepada Iqbal untuk membela Timnas Indonesia U-23.

Adapun, pemusatan latihan yang diadakan Timnas Indonesia U-23 kali ini merupakan bagian dari persiapan menjelang Piala AFF U-23 2022 Kamboja.

Turnamen tersebut bakal digelar di Kamboja dari 14 hingga 26 Februari 2022 mendatang. Pada Piala AFF U-23 kali ini, Indonesia menghuni Grup B bersama Malaysia, Myanmar, dan Laos.

○○○○

Sumber : kompas.com

Pict : 📷 istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *